Medan, 20/7 (antarasumut)- Perhimpunan Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumut Peduli Sosial dan Pendidikan (MITSU-PSP)memberikan beasiswa kepada 14 mahasiswa IAIN Sumatera Utara yang akan kuliah di STBA-PIA melalui Program Mitra Beasiswa MITSU-PSP

Penyerahan beasiswa tersebut dilakukan saat menerima kunjungan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara yang diwakili Wakil Dekan-II Fakultas Ushuluddin, Adenan, MA didampingi Ketua Jurusan Perbandingan Agama, Dra. Husnasari Siregar, M.Si, Sekretaris Jurusan Politik Islam, Dra. Elly Wanisyah Harahap , MA dan Sekretaris Jurusan Aqidah dan Filsafat, Siti Isma Hani, M.Hum, Sabtu.

"Kunjungan kami kemari untuk menyerahkan 14 mahasiswa IAIN Sumatera Utara yang akan kuliah di STBA-PIA melalui Program Mitra Beasiswa MITSU-PSP. Atas nama IAIN kami mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa kami untuk mempelajari bahasa dan sastra China dengan mengambil Jurusan Sastra China ," ujar Adenan.

Rombongan IAIN SU diterima Wakil Ketua, Ardjan Leo didampingi Sekretaris Benny Mulyadi, Kabid. Pendidikan, Widyatmaja, Ka. Sekretariat, Irwan Y Arifin, Plt. BPH, Monalisa dan Pembantu Ketua-II Drs. Ec. Sanjaya Kusumah, MM, MBA yang mewakili Ketua STBA-PIA.

Ketua STBA-PIA dalam sambutannya yang dibacakan Pembantu Ketua-II Drs. Ec. Sanjaya Kusumah, MM, MBA mengungkapkan senang menyambut kedatangan rombongan IAIN Sumatera Utara yang telah ikut berpartisipasi mensukseskan misi STBA-PIA mewujudkan pendidikan bagi semua terutama membantu anak bangsa yang memiliki kendala financial.

"Melalui tindakan seperti ini, kami berharap masyarakat akan memiliki persepsi positif terhadap STBA-PIA yang memiliki kadar nasionalisme yang tinggi sama seperti perguruan tinggi negeri yang menerima bagi seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Semoga kerjasama ini dapat berlangsung langgeng bahkan berkembang kepada bentuk kerjasama yang lain yang lebih beragam dan cakupannya lebih luas, sehingga kedua lembaga ini semakin bertumbuh dan berkembang melalui kerjasama yang saling menguntungkan, untuk itu marilah kita bangun silaturahmi dan komunikasi secara terus menerus dan berkesinambungan, lanjut Sanjaya.

Sementara Wakil Ketua MITSu-PSP Ardjan Leo, berharap para mahasiswa IAIN Sumatera Utara tersebut dapat mempergunakan kesempatan ini sampai tamat. Karena dengan menguasai tiga bahasa ( Indonesia , Inggris dan China ) maka mahasiswa tidak akan mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan seluruh warga di dunia karena hampir 75 persen masyarakat dunia menguasai bahasa tersebut, ujar Ardjan.

Sebelumnya pada tahun 2008, MITSU-PSP melalui Program MItra Beasiswa MITSU-PSP juga telah menjalin kerjasama dengan IAIN Sumatera Utara melalui Fakultas Dakwah dengan memberikan beasiswa kepada 5 mahasiswa IAIN untuk kuliah di STBA-PIA bahkan salah satunya yakni Chandra Sormin Siregar melalui Program 2+2 antara South China Normal University (SCNU), Guangzhou, RRT dengan STBA-PIA pada tahun ini telah tamat S1 dan kembali ke Indonesia.

Selain acara serah terima 14 mahasiswa IAIN Sumatera Utara untuk kuliah di STBA-PIA Jurusan Sastra China juga diisi dengan berbagai pengalaman selama kuliah di STBA-PIA/SCNU oleh Chandra Sormin Siregar (mahasiswa IAIN stambuk 2008) serta Alwiyah Ramahtika, dilanjutkan dengan kunjungan kampus dan photo bersama.

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013