Binjai, Sumut, 15/7 (Antara) - Sebanyak 2.000 pelajar dari tingkatan tsnawiyah, aliyah se Kota Binjai Sumatera Utara, mengikuti pesantren kilat yang dilaksanakan di GOR Jalan Jambi Binjai.

"Ini untuk pertama kali dilaksanakan di kota Binjai, pesantren kilat menggabungkan pelajar madrasah stanawiyah dan aliyah dari negeri maupun swasta," kata Wali Kota Binjai Muhammad Idaham di Binjai, Senin.

Idaham menjelaskan melalui pesantren kilat diharapkan akan memperoleh manfaat ganda yaitu terjalinnya hubungan kekeluargaan antar siswa dari berbeda tingkatan sehingga saling kenal untuk menghindari tawuran.

Manfaat yang Kedua, dengan mengikuti pesantren kilat, para siswa yang sedang menunaikan ibadah puasa, memperoleh amal berlipat ganda, ujarnya.

Untuk iu Wali kota mengingatkan kepada guru dan siswa, agar pelaksanaan pesantren kilat yang diselenggarakan selama lima hari harus diperoleh manfaat yang sebanyak-banyaknya.

"Tuntut ilmu, sampai ke Negeri Cina," itu pepatah lama yang harus menjadi panutan, bagaimana ilmu itu harus peroleh sampai kemanapun.

Secara terpisah Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Binjai Haji Al Ahyu menjelaskan pelaksanaan pesantren kilat, diikuti 2.000 orang dari pelajar madrasah, tsnawiyah dan aliyah, baik negeri dan swasta di kota Binjai.

Ini merupakan wujud kebersamaan antar pelajar memupuk silaturahmi dan memperoleh ilmu agama dan lainnya.

Kegiatan pesantren kilat tersebut nantinya akan diisi ceramah Kapolres Binjai, DanDim 0203 Langkat-Binjai, Kakemenag Binjai, Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara.

Al Ahyu, dalam penjelasan lain mengatakan bahwa pesantren kilat yang pertama ini tentu masih perlu kesempurnaan.

Semuanya akan dianalisa dan dievaluasi, untuk masa mendatang agar pesantren kilat antar siswa,bisa lebih bermanfaat untuk pembinaan kesiswaan, moral dan ketrampilan, katanya.

Kita akan evaluasi mengikuti pihak sekolah, sehingga kedepan dapat dilaksanakan lebih terinci, sehingga memberikan wawasan kepada para siswa.

Pembukaan pesantren kilat pelajar Kota Binjai, dihadiri unsur muspida, Ketua DPRD Zainuddin Purba, mewakili Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara, pengurus MUI Binjai.***4***

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013