Medan, 3/7 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, menerima pendaftaran tujuh pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati yang akan berkompetisi dalam pemilihan kepala daerah.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batubara Donni Harahap yang dihubung Antara di Medan, Rabu, mengatakan tujuh pasangan yang mendaftar terdiri dari dua pasangan jalur perseorangan dan lima pasangan yang didukung parpol.

Dua pasangan dari jalur perseorangan tersebut adalah OK Arya Zulkarnain-Harry Nugroho dan pasangan Gong Matua Siregar-Achmad Dani.

Dua pasangan dari jalur perseorangan itu merupakan calon incumbent karena saat ini OK Arya Zulkarnain merupakan Bupati Batubara, sedangkan Gong Matua Siregar adalah Wakil Bupati Batubara.

Adapun pasangan yang mendaftar atas dukungan parpol adalah pasangan Jenmat Sembiring-Nafiar yang didukung Partai Golkar dan Partai Bintang Reformasi (PBR).

Kemudian, pasangan Zahir-Suryono yang didukung PDI Perjuangan, Partai Republika Nusantara, dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Selanjutnya, pasangan Yahdi Khair Harahap-Syarkowi Hamid yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, dan Partai Matahari Bangsa (PMB).

Setelah itu, pasangan Kurnia-Nurmala yang mendaftar atas dukungan Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), Partai Damai Sejahtera (PDS), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Sedangkan pasangan terakhir Zulkarnain-Masyitah yang didukung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrasi Pembaharuan (PDP).

Setelah menerima pendaftaran tujuh pasangan bakal calon itu, pihaknya akan melakukan verifikasi dukungan yang diberikan hingga 14 Juli 2013.

Setelah mendapatkan hasil verifikasi tersebut, KPU Batubara akan menetapkan pasangan calon yang sah pada 22 Juli dan dilanjutkan pencabutan nomor urut pada 25 Juli.

Pasangan calon yang memiliki dukungan sah itu akan mengikuti tahapan kampanye pada 2-15 September 2013.

"Setelah masa tenang selama tiga hari, kami akan menyelenggarakan pemungutan suara pada 19 September," katanya.(I023)

Pewarta: Irwan Arfa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013