Medan, 21/6 (Antara) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjalin kerja sama dengan enam bank nasional dalam layanan "e-Ticketing" atau tiket elektronik untuk penumpang dari Medan menuju Bandar Udara Kualanamu.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Direktur Keuangan PT KAI Kurniadi Atmosasmito dan Direktur Komersial dan Bisnis Banking Bank Mandiri Soenarso, Direktur Konsumer dan Retail BNI Darmadi Sutanto, Direktur Konsumer BRI Toni Sutirto, Direktur Bank DKI Eko BW, Direktur Bank Mega K Taib, dan Direktur BCA Hendry Koenaifi disaksikan Deputi Gubernur BI Ronald Waas di Kereta Api Stasiun Medan, Jumat.

Usai penandatangan kerja sama itu, Direktur Keuangan PT KAI Kurniadi Atmosasmito mengungkapkan apresiasi dan penghargaannya atas respon positif pihak perbankan guna merealisasikan program tiket elektronik tersebut.

Dengan penggunaan tiket elektronik tersebut, transaksi yang akan dilakukan masyarakat atau penumpang kereta api lebih aman dan praktis.

Jika program itu terus dikembangkan, pihaknya berkeyakinan peredaran uang kuartal lebih terbantu untuk masa-masa yang akan datang.

Deputi Gubernur BI Ronald Waas mengatakan, layanan kereta api menuju Bandara Kualanamu yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang tersebut merupakan pertama kalinya dijalankan di Indonesia.

Karena itu, pihaknya berupaya memberikan pelayanan yang terbaik, baik berupa sarana kereta api yang baru dan modern, juga berbagai fasilitas dan layanan yang dapat memberikan kenyamanan penumpang.

Salah satu kenyamanan tersebut berupa kemudahan dalam mendapatkan tiket keberangkatan melalui layanan tiket elekronik melalui kerja sama dengan enam bank nasional itu.

Kerja sama dengan enam bank nasional tersebut bukan hanya melayani transportasi menuju Bandara Kualanamu di Sumut, melainkan jalur kereta api di Jakarta dari kawasan Sudirman menuju Bandara Soekarno Hatta.

Kereta api yang akan beroperasional pada tahun 2015 akan digunakan penumpang sekitar 20 ribu orang per hari dan diperkirakan akan bertambah menjadi 30 ribu orang per hari pada 2019.

Usai penandatangan kerja sama itu, Direktur Keuangan PT KAI Kurniadi Atmosasmito, Deputi Gubernur BI Ronald Waas, enam direksi bank nasional dan undangan memperagakan penggunaan tiket elektronik tersebut.

Setelah itu, seluruh undangan menaiki kereta api untuk meninjau lokasi Bandara Kualanamu yang direncanakan beroperasi pada 25 Juli 2013. ***3***

(T.I023/B/R. Malaha/R. Malaha)

Pewarta: Irwan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013