Jakarta, 1/6 (Antara) - Satgas Cakra Buana PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Utara menyerahkan dua lukisan berukuran besar kepada Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri usai upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila di lapangan Tugu Proklamasi, Jakarta, Sabtu.

Kedua lukisan hitam putih dengan obyek Soekarno dan Megawati pada usia muda itu disampaikan oleh Kepala Satgas Cakra Buana PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Brilian Moktar kepada Megawati Soekarnoputri disaksikan sejumlah pengurus DPP PDI Perjuangan maupun para kader partai tersebut.

Menurut Brilian, penyerahan dua lukisan tersebut wujud penghormatan dan apresiasi kepada Bung Karno yang menggali Pancasila dan menjadi dasar negara Indonesia yang merupakan perekat bangsa.

Pancasila yang telah menyatukan seluruh bangsa Indonesia dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menurut dia, selayaknya terus digemakan kepada generasi muda agar memiliki pemahaman dan meningkatkan rasa nasionalisme.

"Peringatan hari lahirnya Pancasila setiap tanggal 1 Juni menjadi salah satu wujud digemakannya Pancasila kepada bangsa Indonesia, khususnya generasi muda," kata Bendahara Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumatera Utara ini.

Menurut dia, bentuk lainnya apresiasi kepada Bung Karno yang menggali Pancasila, bisa juga melalui media lukisan.

Anggota Komisi B DPRD Sumut ini menjelaskan di Kota Medan ada sanggar lukis yang para pelukisnya adalah pengagum Bung Karno, sehingga obyek-obyek lukisannya mayoritas adalah Bung Karno dan keluarganya.

"Kami melakukan pembinaan kepada para pelukis di sanggar lukis tersebut," katanya.

Dua lukisan berukuran besar yang diserahkannya, merupakan lukisan karya Bambang Soekarno.

Pada saat menyerahkan kepada Megawati Soekarnoputri, Brilian Moktar, didampingi oleh pelukisnya Bambang Soekarno.

Menurut Bambang Soekarno, kedua lukisan tersebut dilukis teknik pointilisme, yakni menutulkan titik-titik hitam media lukisannya sehingga menjadi bentuk gambar.

Lukisan Bung Karno yang mengenakan peci dan berkacamata, berukuran 153 cm x 153 cm, sedangkan lukisan Megawati pada usia muda yang tampak sedang di depan mikrofon berukuran 90 cm x 130 cm.

Brilian Moktar menambahkan, Satgas Cakra Buana PDI Perjuangan Sumatera Utara, hadir sebanyak satu regu pada upacara peringatan hari lahirnya Pancasila, di lapangan Tugu Proklamasi, Jakarta, 1 Juni 2013.(R024)

Pewarta: Riza Harahap

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013