Medan, 18/5 (antarasumut) - Pemerintah Kota Medan menyatakan siap menyukseskan Pekan Informasi Nasional dengan menggelar sejumlah kegiatan di Lapangan Medan, pada 24 - 28 Mei 2013.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Medan Darussalam Pohan di Medan, Sabtu, beberapa kegiatan yang akan digelar Pemkot Medan selama PIN akan dikemas dengan nuansa membangkitkan kembali semangat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), di antaranya kirab budaya nusantara.

"Dalam acara PIN Tahun 2013 ini juga akan di gelar beberapa kegiatan seperti pertunjukan, pameran, seminar,lomba tingkat nasional, dialog TV serta forum pertemuan Bakohumas," katanya.

Ia menjelaskan, pada penyelenggaraan kirab budaya nusantara tersebut akan ditampilkan iring-iringan warga yang mengenakan pakaian adat dan budaya dari sejumlah daerah di Tanah Air.

Rombongan kirab budaya nusantara ini akan berjalan beriringan mulai dari Lapangan Benteng menuju ke Lapangan Merdeka Medan.

Selain itu, lanjutnya, Menteri Kominfo Tifatul Sembiring bersama sejumlah pejabat Pemprov Sumut dan Pemkot Medan juga direncanakan akan mengikuti pawai becak hias mulai dari Lapangan Benteng menuju podium Lapangan Merdeka.

"Pada prinsipnya Pemerintah Kota Medan telah siap untuk menyelenggarakan kirab budaya nusantara dalam rangka memeriahkan pembukaan PIN tahun 2013," ujar Darussalam.

Pekan Informasi Nasional (PIN) 2011 merupakan puncak peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke–103 sekaligus sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dan jaringan komunikasi dan informasi nasional dalam rangka peningkatan SDM masyarakat di bidang penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Sebelumnya Sekjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Ismail Caurido menjelaskan bahwa acara PIN 2013 yang digelar di Medan merupakan program tahunan yang diadakan oleh Kemenkominfo melalui kominfo daerah.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan kegiatan penyebaran dan penyerapan informasi kepada masyarakat," paparnya.

Dikatakan Ismail, pelaksanaan Pekan Informasi Nasional sengaja diadakan pada setiap bulan Mei atau bersamaan dengan perayaan Harkitnas.

Khusus bagi Kota Medan selaku tuan rumah penyelenggaraan PIN 2013, ia menilai, kegiatan tersebut dapat menjadi salah satu momentum tepat untuk mempromosikan berbagai informasi seputar potensi yang terdapat di Ibu kota Provinsi Sumut itu.(rel)

Pewarta: T. Nico Adrian

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013