Jakarta, 22/4 (Antara) - PT Bank Mandiri Persero Tbk pada Senin ini mengumpulkan sekitar 400 direktur keuangan perusahaan dari berbagai sektor industri dalam sebuah forum bertema Investasi untuk Inovasi.

"Inovasi merupakan salah satu upaya untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi kita," kata Direktur Utama Bank Mandiri Budi G Sadikin saat membuka acara Chief Financial Officer (CFO) Forum 2013 di Jakarta, Senin.

Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan yang hadir sebagai pembicara kunci juga menyebut bahwa acara tersebut positif untuk meningkatkan komunikasi di antara mereka.

"Acara ini baik karena mengikat seluruh direktur keuangan," ujar Dahlan.
CFO Forum kali ini mendiskusikan tentang peningkatan daya saing melalui investasi di bidang inovasi.

Sekitar 400 direktur keuangan dari perusahaan milik negara, swasta, dan asing yang hadir berdialog tentang strategi pengembangan inovasi yang efektif untuk mendukung pertumbuhan usaha di tengah makin ketatnya persaingan.

Sebelumnya Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Fransisca Nelwan Mok mengatakan para direktur keuangan perlu memperhitungkan pentingnya inovasi untuk memenangkan persaingan seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan untuk menghadapi persaingan global.

"Terlebih lagi saat ini ekonomi dunia makin terintegrasi dan beralihnya pusat pertumbuhan ekonomi global ke kawasan timur
khususnya Asia," ujarnya.

The Global Competitiveness Report 2012-2013 yang disusun oleh World Economic Forum melaporkan, dari survei terhadap 144 negara di 2012 menunjukkan Indonesia mengalami penurunan indeks daya saing global dari posisi ke-46 (2011) menjadi ke-50 (2012).

Jika dibandingkan negara-negara di ASEAN, Indonesia menempati peringkat kelima setelah Singapura, Malaysia, Brunei dan Thailand.(C005)

Pewarta: Citro Atmoko

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013