Toyota telah melepas lebih dari lima juta unit mobil hybrid dan Prius yang menjadi tonggak utama dalam pembukuan tersebut di segmennya.

Pencapaian itu terjadi pada triwulan pertama tahun ini dan merupakan angka komulatif penjualan mobil hybrid Toyota dan Lexus.

Berawal dari Prius yang saat itu masih berbentuk sedan bukan hatchback seperti sekarang. Prius generasi pertama yang mengubah pandangan konsumen tentang perlindungan lingkungan hidup.

Penghematan bahan bakar menjadi salah satu benefit utama mobil hybrid. Melalui lima juta mobil hybrid, bahan bakar yang bisa dihemat mencapai 3 11 miliar liter, sedangkan emisi CO2 yang bisa dikurangi mencapai 34 juta ton.

Kesadaran baru itulah yang kemudian menjadi cikal bakal tingginya permintaan terhadap Prius dan mobil hybrid lainnya.

"Dampak peluncuran generasi pertama Prius ternyata jauh dari perkiraan kami. Lewat mobil ini kesadaran lingkungan konsumen meningkat dan selanjutnya mendorong tumbuhnya permintaan mobil hybrid," kata Takeshi Uchiyamada, vice-chairman Toyota Motor Corp, sebagaimaa dilansir dari Toyota, Sabtu (20/3).

Perkembangan teknologi hybrid dan meningkatnya permintaan tidak lepas dari peranan masyarakat global yang mendukung mobil ramah lingkungan. (rel/oc)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013