Tobasa, 17/2 (antarasumut)-Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menyalurkan bantuan sosial berupa peralatan perlengkapan rumah tangga, tikar, sembako berupa beras, mie instan, gula dan pakaian seragam sekolah  kepada 5 kepala keluarga korban kebakaran di komplek Pargodungan Balige, Kelurahan Balige I, tepatnya di lokasi SD HKBP 1 Balige, Minggu.

Bantuan diserahkan Wakil Bupati Tobasa Liberty Pasaribu SH MSi didampingi Staf Ahli Bupati Sangkap Pasaribu, Asisten Administrasi Umum Tito Siahaan, Asisten Pemerintahan Wasir Simanjuntak, Kepala Dinas Sosial dr Pontas Batubara, Wakil Ketua TP.PKK Ny. Agustina Sambenga Liberty Pasaribu, Camat Balige Sahala Siahaan, dan Kabag Humas Elisber Tambunan setelah sebelumnya Wabup “manjomput boras sipir ni tondi”, kepada seluruh keluarga korban. Pemberian “boras sipir ni tondi” dalam tradisi adat Batak salah satunya dimaksudkan, untuk menguatkan jiwa para korban yang ditimpa musibah.

Wabup Liberty Pasaribu mengaku prihatin dan pihaknya turut merasakan apa yang dirasakan para korban kebakaran. Liberty mengatakan musibah itu adalah ujian. Karenanya dia mengajak para korban tabah dan berdoa kepada Tuhan, agar diberi kekuatan, dan tidak larut dalam kesedihan. “Kami percaya, dibalik musibah ini Tuhan punya rencana baik, untuk itu tetaplah berdoa,” ujar Wabup.

Salah satu korban Ramlan Napitupulu, mengakui pihaknya sangat mengapresiasi terhadap kehadiran Wabup Liberty Pasaribu dan rombongan untuk memberikan kata-kata penghiburan serta bantuan. Hal ini diamini keluarga korban lainnya yakni Partumpuan Lumbantoruan, Tumambor Simanjuntak, Poltak Siahaan dan Pesta boru Simatupang seraya mengucapkan terima kasih atas kepedulian pemerintah daerah ini. “Kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang hadir memberikan kata penghiburan dan bantuan untuk mengurangi beban kami, dan kami yakin Pemkab Tobasa akan selalu respon terhadap masyarakatnya yang membutuhkan bantuan,” sebutnya.

Ramlan menambahkan, akibat peristiwa kebakaran ini, seluruh perabot dan peralatan rumah tangga serta surat-surat berharga lainnya turut hangus terbakar, tidak ada yang tersisa. Karenanya Ramlan mengharapkan, Kapolsek Balige dapat membantu korban, dengan menerbitkan surat keterangan agar dapat mengurus pengganti surat-surat penting yang terbakar, seperti ijazah, KTP, KK dan Surat Kendaraan bermotor yang turut hangus dilalap si jago merah. “Kami berharap Kapolsek dapat membantu kami. Begitu juga Pemerintah Kabupaten Tobasa melalui instansi terkait,” pinta Ramlan.

Menanggapi permohonan Ramlan, Kapolsek AKP Gibson Siagian mengatakan siap membantu para korban dan menerbitkan surat keterangan untuk pengurusan pengganti surat-surat penting dimaksud. “Kami siap membantu, gratis. Kapan saja dibutuhkan, silahkan datang ke Kantor Polsek Balige, kami akan layani dan akan menerbitkan surat keterangan yang dibutuhkan,” kata Gibson

Mendampingi Wakil Bupati hadir juga, Kadis Pertanian Parlindungan Simanjuntak, Kakan Ketapang Marsarasi Simanjuntak, Kakan BPBD Bongit Simanjuntak, Kadis Dukcatpil Rosita Siagian, Kadis Pasar Hamonangan Rajagukguk, Sekwan Audy Murphy Sitorus dan Kabag Ortala Marlindo Sibarani. (edu/humas)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013