Puluhan warga Batak yang tinggal di Jawa Barat mendatangi kediaman calon gubernur Dedi Mulyadi di Lembur Pakuan, Desa Sukasari, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang untuk memberi dukungannya pada Pilkada 2024. 

"Kami datang untuk memberi dukungan kepada Kang Dedi dan Kang Erwan menjadi gubernur dan wakil gubernur Jabar,” kata Koordinator Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) Jabar Saritua Simbolon, di Subang, Rabu. 

Saritua mengatakan, dukungan tersebut diberikan setelah melihat perjalanan karir Dedi Mulyadi, mulai dari Wakil Ketua Komisi E DPRD Kabupaten Purwakarta, Wakil Bupati Purwakarta, Bupati Purwakarta dua periode dan terakhir Wakil Ketua Komisi IV DPR RI.

Menurut dia, sebagai warga Batak yang tinggal di Jawa Barat, pihaknya merasa Dedi Mulyadi paling pantas untuk memimpin. Sehingga mereka bulat menentukan pilihan.

“Kami sepakat dari lubuk hati yang paling dalam untuk mendukung Kang Dedi dan Kang Erwan menjadi gubernur Jawa Barat, nomor urut empat pasti dapat,” katanya.

Dosen bahwa saat ini PSBI di Jawa Barat memiliki anggota lebih dari 10 ribu keluarga. 

Selain marga Simbolon, Saritua juga mengaku bahwa pihaknya juga akan mengajak komunitas marga Batak lainnya untuk mendukung pasangan calon gubernur Dedi Mulyadi dan wakilnya Erwan Setiawan.

“Kita akan menjadi ujung tombak mensosialisasikan visi misi DERMAWAN (Dedi Mulyadi -Erwan Setiawan), tidak hanya pada keluarga Simbolon tapi ke seluruh keluarga besar Batak lainnya di Jawa Barat untuk mencoblos Kang Dedi,” katanya.

Sementara itu Dedi Mulyadi menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan. 

Ia mengaku dekat dengan warga Batak di Jawa Barat terlebih kini banyak bertemu pengacara yang menangani kasus Vina Cirebon.

“Kemarin juga keluarga besar Sirait membuat acara di Bandung tapi waktunya bentrok dan sampai hari ini belum. Bahkan marga Sirait sekarang menyediakan rumah pemenangan di Bandung,” kata dia.

Menurut Dedi, Jawa Barat merupakan provinsi toleran bagi semua masyarakat yang berasal dari manapun, termasuk Batak. Ke depan jika terpilih menjadi gubernur ia akan mempererat kekeluargaan tersebut untuk bersama-sama membangun dan mencintai tanah Jawa Barat.

Selain mendapatkan dukungan dari warga Batak, pada hari yang sama 19 elemen masyarakat dari berbagai daerah di Jawa Barat mendatangi Lembur Pakuan Subang untuk memberikan dukungan pada pasangan nomor urut empat Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan.

Pada Pilkada 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat telah menetapkan empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Selain pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan, ada juga pasangan Ahmad Syaikhu-Ilham Akbar Habibie, K.H. Acep Adang Ruhiat-Gitalis Dwi Natarina, serta pasangan Jeje Wiradinata-Ronald Surapradja. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024