Calon Bupati (Cabup) Samosir, Vandiko Timotius Gultom menyapa para pedagang di pasar tradisional Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sabtu (28/9). Calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Samosir dari nomor urut 2 itu menyasar pasar sebagai objek blusukan sekaligus untuk mendengar keluhan pedagang.

"Untuk keseluruhan kondisi pasar Tomok sudah baik, tinggal butuh pengembangannya lagi," katanya

Vandiko yang merupakan Bupati Samosir terpilih tahun 2019 dan kembali maju bertarung di Pilkada 2024, menilai barang dagangan di pasar tradisional Tomok, kualitasnya sudah bagus. Oleh karena itu, ia ingin mengetahui lebih dekat apa yang menjadi keluhan pedagang dan warga sekitar.

"Tentunya sayang jika tidak dikembangkan lagi pemasarannya, jadi saya ingin mendengar keluhan mereka untuk diperbaiki kedepan," ujar Vandiko.

Bahkan, ke depan ia berharap bisa meninjau seluruh pasar tradisional yang ada di Kabupaten Samosir. 

"Mempermudah warga untuk mendapat kebutuhan pokok dengan perputaran ekonominya, adalah salah satu kunci kemajuan daerah. Jadi, semoga seluruh pasar tradisional di Samosir ini nantinya bisa dikembangkan lagi dengan mengetahui apa kendala nya," sebut Vandiko.

Sementara pada kesempatan tersebut, pedagang pasar Tomok, Hotmaida Simbolon (48), merasa senang atas kunjungan Vandiko. 

Ia menilai kepemimpinan Vandiko selama 3,5 tahun berhasil membangun Kabupaten Samosir. Salah satunya membuat para pelaku UMKM Samosir semakin dilirik wisatawan.

"Kabupaten Samosir kini semakin dipandang masyarakat luar. Kalau pengunjung sudah ramai, otomatis dagangan kami pun laku dijual," kata Hotmaida seraya tersenyum.

Ia berharap di Pilkada nanti Vandiko Gultom dapat melanjutkan program pembangunan Samosir yang sedang berjalan dengan turut melibatkan para pedagang-pedagang kecil. 

"Semoga pak Vandiko kembali terpilih melanjutkan pembangunan Samosir yang sudah bagus menjadi semakin lebih baik lagi dengan memperhatikan kami para pedagang kecil," harapnya.

Pewarta: Eben Ezer Pakpahan

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024