Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung Kanwil Kemenkumham Sumut bekerja sama dengan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tapanuli Utara menggelar kegiatan simulasi penanganan kebakaran sebagai langkah preventif menghadapi potensi bahaya kebakaran di lingkungan Rutan Tarutung.

"Keamanan dan keselamatan adalah prioritas utama kami. Simulasi ini bertujuan agar seluruh petugas dan warga binaan dapat merespons dengan cepat dan tepat jika terjadi kebakaran," ujar Kepala Rutan Tarutung, Evan Yudha Putra Sembiring, Rabu (25/9).
 
Kegiatan simulasi dilaksanakan di lapangan serbaguna Rutan Tarutung yang diikuti petugas Rutan dan perwakilan warga binaan. 

Disebutkan, simulasi yang digelar merupakan program keamanan dan keselamatan yang telah terjadwal secara rutin dan diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan para petugas dan warga binaan dalam menghadapi situasi darurat, terutama kebakaran. 

Selama simulasi, tim pemadam kebakaran Rutan Tarutung bersama dengan tim dari Pemadam Kebakaran Kabupaten Taput menunjukkan bagaimana cara menangani api yang muncul di area wadah pelatihan. 

Selain itu, pelatihan evakuasi dan penggunaan alat pemadam kebakaran ringan juga dilakukan dan diikuti kegiatan sosialisasi terkait pentingnya kesadaran akan risiko kebakaran dan langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan sehari-hari. 

Evan berharap, kegiatan yang digelar mampu meningkatkan kesiagaan dan kecepatan respon dalam menangani bencana, serta memastikan bahwa prosedur evakuasi dapat berjalan lancar demi keselamatan bersama.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024