Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Pakam bersama Dinas Pemadam Kebakaran (Damar) Deli Serdang mengadakan simulasi penyelamatan kebakaran. 

"kegiatan ini merupakan upaya Lapas dalam melakukan penanggulangan kebakaran khususnya daerah dapur," ujar Kasi Binadik dan Giatja Lapas Lubuk Pakam Kelas IIB Bastian Surya, di Lubuk Pakam, Kamis.

Bastian dengan mengundang pihak Damkar, bahwa petugas lapas dan para tahanan pendamping terlatih dalam melakukan pemadaman baik dalam melakukan manajemen penanggulangan bencana kebakaran hingga penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). 

"Semoga dengan kegiatan ini kita mampu melakukan mitigasi terhadap setiap kemungkinan bencana yang ada khususnya kebakaran," kata dia. 

Kasi Pengendalian Kebakaran Damkar Deli Serdang Donny Simbolon mengatakan penanggulangan bencana kebakaran tentu terdapat tiga segitiga api atau friangle of fire yakni sumber panas, oksigen dan bahan bakar. 

Dengan memblok/memutus salah satu dari ketiga unsur tersebut secara otomatis api tidak akan timbul alias padam. 

"Terus perhatikan ketiga unsur tersebut ketika terjadi kebakaran niscaya api akan padam dengan seketika. Semoga dengan pelatihan ini Lapas Lubuk Pakam mampu melakukan mitigasi hingga penanggulangan kebakaran," kata Donny.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024