Bupati Asahan, H Surya selaku Kamabicab Gerakan Pramuka Kwarcab Asahan menyematkan tanda penghargaan lencana pancawarsa III kepada Rianto 

Lencana yang diberikan oleh Kwarda Gerakan Pramuka Sumut tersebut juga di terima oleh sejumlah kakak-kakak Pramuka lainnya diantara lencana Darma Bhakti, Pancawarsa serta penghargaan kepada Kwaran ranting tergiat.

Ketua Kwarcab Asahan, Agus Ramanda menjelaskan penghargaan lencana yang diberikan karena pengabdian dan  kesetiaan serta keaktivannya melakukan pembinaan  kegiatan Kepramukaan secara terus menerus. 

" Kak Rianto aktif di saka Bhayangkara, maka itu beliau menerima penghargaan tersebut," ucap Agus yang juga baru menerima penghargaan lencana Melati dari Kwartir Nasional, Rabu (11/09) usai memperingati hari Pramuka ke 63 tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan.

Sementara itu, Bupati Asahan menyampaikan amanat Ketua Kwartir Nasional,  Komjen.Pol (Purn) Budi Waseso menjelaskan Pramuka saat ini terus menunjukkan eksitensinya dalam mempersiapkan generasi muda dan selalu menjadi garda terdepan dalam  pengabdian masyarakat. Diantaranya  perbantuan berbagai kebencanaan, terlibat dalam Tim SAR, kegiatan bakti seperti bedah rumah, kegiatan lingkungan seperti menanam pohon, pembersihan fasilitas umum, pembersihan sarana ibadah, dan sosialisasi hemat energi.

Pramuka juga terus melakukan adaptasi teknologi, mewujudkan ketahanan pangan dengan bekerjasama dengan Food and Agriculture Organization (FAO), memberikan pelatihan kepemimpinan, program kewirausahaan dalam pembangunan ekonomi digital, dan transformasi kurikulum supaya bisa beradaptasi dengan kebutuhan zaman saat ini dan yang akan datang.

" Terimakasih kepada Pramuka yang telah membantu pemerintah, khususnya kabupaten Asahan, " kata Bupati.

Peringatan hari Pramuka tersebut dirangkai dengan aksi tarian daerah serta atraksi pramuka. Dan pemberian buket bunga kepada Bupati Asahan, ketua PKK Asahan.
 

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024