Bupati Asahan H. Surya membuka Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal Kabupaten Asahan di Kantor Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang), Selasa (10/09). 

Bupati Asahan mengatakan kegiatan ini salah satu upaya untuk mensosialisasikan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman, sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2009, tentang Kebijakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal.

Melalui lomba ini, diharapkan dapat memantapkan kemandirian pangan lokal dan pelestarian SDA dengan memanfaatkan hasil potensi alam daerah, misalnya sagu, jagung, singkong, ubi jalar, pisang, sukun dan lain-lain yang diolah menjadi dengan bahan proses pangan fungsional yang mengandung berbagai nutrisi dan mampu meningkatkan kualitas konsumsi pangan dan dapat membantu penambahan pendapatan rumah tangga.

" Kami harapkan kepada TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan, serta organisasi-organisasi wanita yang ada untuk dapat memasyarakatkan betapa pentingnya konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang, dan aman yang mengutamakan sumberdaya pangan lokal kepada seluruh masyarakat, " ungkap Bupati.

Bupati juga mengharapkan kepada para Camat dan seluruh Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Asahan dan pihak-pihak yang terkait dengan pengelolaan pangan agar senantiasa melakukan upaya-upaya maksimal untuk tetap dapat menjamin kemantapan ketahanan pangan, khususnya di Kabupaten Asahan, baik yang berkaitan dengan produksi, ketersediaan, distribusi, dan keamanan pangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketapang Kabupaten Asahan H. Ali Muqhofar  menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA, meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA serta mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan dan menciptakan menu makanan yang B2SA berbasis sumber daya lokal. 

Adapun pemenang pada lomba tersebut, Juara 1 Kecamatan Aek Songsongan, Juara 2 Kecamatan Simpang Empat, juara 3 Kecamatan Air Batu. Harapan 1 Kecamatan Setia Janji, Harapan 2 Kecamatan Buntu Pane, Harapan 3 Kecamatan Meranti.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024