Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara membuka pendaftaran penerimaan 422 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2024.

"Ada 422 formasi yang dibutuhkan, yang terdiri dari 156 tenaga kesehatan dan 266 tenaga teknis," ujar Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Madina, Lismulyadi Nasution, di Madina, Selasa.  

Dia mengatakan jumlah seleksi CPNS ini berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Pegawai Negeri Sipil Nomor 293 Tahun 2024 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negara Sipil di lingkungan instansi pemerintah.  

"Serta berdasarkan surat Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor: 5419/B-KS.04.01/SD/K/2024 per tanggal 13 Agustus 2024. Maka Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal akan melaksanakan penerima CPNS tahun anggaran 2024," kata dia.   

Dia menjelaskan pengumuman seleksi telah dimulai sejak 19 Agustus hingga 2 September 2024 dan dilanjutkan proses pendaftaran yang dimulai 20 Agustus hingga 6 September 2024.

"Pengumuman dan pendaftaran CPNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal dapat dilihat melalui laman https:///sscans.bkn.go.id dan https://madina.go.id," sebut dia.

Untuk persyaratan umum, lanjut dia, masyarakat dapat mengikuti berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar dan yang pasti warga negara Indonesia.

Selain itu, tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih.

Lalu, tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

"Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI atau anggota POLRI, tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis serta memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan dan yang lainnya," katanya menjelaskan.

Dia menegaskan pendaftaran dan seluruh proses seleksi penerimaan CPNS tahun 2024 diberlakukan secara gratis atau tidak dipungut biaya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau pelamar selalu cermat dan berhati-hati terhadap penipuan dari oknum-oknum yang mengatasnamakan Tim Penerima Pegawai ASN tahun 2024.

"Informasi resmi yang terkait dengan seleksi pegawai ASN Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal tahun 2024 hanya dapat dilihat dalam laman https:///sscans.bkn.go.id dan https://madina.go.id," ujar dia.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024