Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni mengajak seluruh awak media yang melakukan tugas peliputan di wilayah ini untuk menyemarakkan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI-2024 Aceh-Sumut melalui pemberitaan.

“Dengan publikasi media yang baik, maka marwah Sumut akan dapat ditunjukkan pada nasional bahkan dunia," ujar Agus Fatoni usai Bimbingan Teknis Umum Bidang Humas Publikasi dan IT PB PON Wilayah Sumut, di Medan, Jumat.

Agus Fatoni mengatakan kesuksesan ajang olahraga nasional tersebut membutuhkan peran dari seluruh elemen masyarakat. Media merupakan salah satu elemen yang memiliki peran tersebut.

“Kita saling menguatkan sehingga PON ini sukses, harapan kita Sumut ini bisa sukses penyelenggaraan dan prestasi, ini peran media juga yang memotivasi para atlet kita, sukses semuanya," kata Agus Fatoni.

Dia menyebut bahwa ditunjuknya Sumatera Utara menjadi tuan rumah pekan olahraga nasional tersebut merupakan suatu kebanggaan tersendiri karena akan berdampak positif bagi sebuah daerah.

Pelaksanaan PON 2024 itu dapat lebih memperkenalkan Sumatera Utara ke kancah nasional mengingat ajang olahraga multicabang itu dihadiri ribuan orang

Selain itu, kata dia, ajang olahraga nasional tersebut juga menjadi momentum bagi pemerintah daerah untuk mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Sumut merupakan provinsi yang memiliki potensi sangat besar, mulai dari jumlah penduduk, kekayaan alam hingga letak geografisnya. Potensi tersebut juga dapat dikenalkan pada para tamu yang datang ke Sumut," sebut dia.

Wakapolda Sumut Brigjen Rony Samtana dalam kesempatan yang sama mengapresiasi media yang telah memeriahkan persiapan PON 2024 selama ini.

Dia berharap media dapat berperan sebagai perpanjangan tangan dan mata dari rakyat Indonesia untuk meliput ajang pesta olahraga terbesar nasional itu.

“Kami siap mendukung teman-teman, kita siapkan media center di Hotel Santika, ini jadi sarana teman teman untuk mendapat informasi terkini," ujar Ronny.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XXI Bidang Media dan Humas wilayah Sumatera Utara Raja Parlindungan menyebut 1.142 wartawan telah mendaftar dan siap untuk melakukan peliputan PON di Sumut-Aceh.

Jumlah tersebut, kata dia, 579 wartawan telah terdaftar untuk meliput di Sumut, sementara di Aceh, jumlah wartawan yang terdaftar mencapai 563 orang.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024