Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni meminta kepada seluruh atletnya untuk tampil maksimal di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut sehingga menjadi yang terbaik pada perhelatan ajang olahraga nasional tersebut.

"Tadi, saya sampaikan pada PON 2024 ini, kita harus berikan yang terbaik sehingga bisa sukses prestasi," ujar Agus Fatoni usai acara Pengukuhan dan Pelepasan Kontingen Sumatra Utara PON XXI Aceh Sumut, di Medan, Jumat.

Menurutnya, sebagai tuan rumah PON 2024 merupakan momentum bagi Kontingen Sumut untuk menunjukkan bahwa daerah ini patut dibanggakan di kancah nasional.

Kebanggaan itu, kata dia, dapat diraih dengan prestasi olahraga. Untuk itu, dia mengajak seluruh atlet dan ofisial untuk memanfaatkan momentum tersebut.

"Kita berkumpul di ruangan ini untuk menyatukan tekad agar kita bisa tampil yang terbaik di PON 2024," kata Agus Fatoni.



Pada PON 2024, mantan Penjabat Gubernur Sumatera Selatan ini menyakini bahwa Kontingen Sumut mampu masuk empat besar di klasemen ajang olahraga nasional tersebut.

Keyakinan itu, dia melihat dari persiapan matang yang telah dilakukan oleh seluruh pemangku kebijakan terkait selama ini.

"Tentu, kita optimistis Sumut raih empat besar karena sudah disiapkan dengan matang. Kita ini provinsi besar," sebut dia.

Pelepasan atlet, ofisial dan teknisi kontingen PON Sumut juga dihadiri Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis serta pemangku kebijakan terkait.

Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis dalam laporannya menyampaikan bahwa total atlet, ofisial dan teknisi Kontingen PON Sumut sebanyak 1.658 personil.

Dia merincikan jumlah tersebut terdiri dari 1.152 atlet dan 506 ofisial dan teknisi Kontingen Sumut. "453 bertanding di Aceh dan 699 atlet bertanding di Sumut," ujar Jhon.

Pada PON 2024, Jhon menjelaskan Kontingen Sumut akan mengikuti 58 cabang olahraga yang tersebar di dua provinsi tempat penyelenggara.

"Sebanyak 58 cabang olahraga yang terdiri dari 26 dipertandingkan di Aceh dan 34 dipertandingkan di Sumut," kata dia.
 

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024