Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir memastikan kehadiran Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom dengan Ariston Tua Sidauruk sebagai bakal pasangan calon (bapaslon) bupati/wakil bupati Kabupaten Samosir di Pilkada serentak 2024, untuk mendaftar ke KPU setempat, besok, Kamis (29/8).

"Kami sudah menerima konfirmasi dari tim bakal calon bupati Vandiko Gultom melaporkan bahwa mereka akan mendaftar besok, Kamis, (29/8). Mereka (tim) hadir ke helpdeks KPU untuk keperluan tata cara pengisian dan proses pendaftaran lalu mengabarkan hadirnya mereka untuk mendaftar," ujar Ketua KPU Samosir Vincentius Sitinjak melalui telepon seluler, Rabu (28/8) sore.

Vincentius merinci, rombongan Vandiko yang berpasangan dengan Ariston Tua Sidauruk ini, akan tiba di KPU setempat di hari terakhir pendaftaran, pada pukul 09:00 WIB.

"Mereka memberitahu bahwa Vandiko akan mendaftar besok jam sembilan pagi dan kita akan menunggu," katanya.

Untuk diketahui, pasangan Vandiko-Ariston sudah mengantongi dukungan lima dari tujuh partai yang didaftarkan sebelumnya ke pengurus partai politik (parpol) yang ada di Kabupaten Samosir. 

Adapun kelima parpol tersebut diantaranya Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem dan Partai Perindo.

Vandiko Gultom yang saat ini merupakan Bupati aktif periode 2019-2024, akan maju kembali bertarung di Pilkada serentak 2024 yang dikabarkan menghadapi penantang Freddy Situmorang dan wakilnya Andreas Simbolon yang mengantongi dukungan dua parpol yakni Partai PDI-Perjuangan dan Partai Demokrat.

Dengan demikian, persaingan Pilkada Samosir 2024 dipastikan akan diikuti oleh dua pasangan calon dengan dukungan politik terhadap bapaslon Vandiko-Ariston oleh 5 partai dan bapaslon Freddy-Andreas oleh 2 partai.

 

Pewarta: Eben Ezer Pakpahan

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024