Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara menerima berkas pendaftaran bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Bobby Nasution-Surya untuk mengikuti Pilkada 2024.

Ketua KPU Sumut Agus Arifin di Medan, Rabu, mengatakan bahwa berkas pendaftaran orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kota Medan tersebut tidak ada perbaikan atau dinyatakan lengkap.

"Untuk hari kedua pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur, kami menerima kedatangan pasangan bapak Bobby Nasution dan bapak Surya untuk mendaftar. Proses pendaftaran berjalan dengan baik," ujarnya.

Pasangan Bobby Nasution dan Surya yang didampingi partai pengusung telah melengkapi seluruh dokumen  sebagai persyaratan  pencalonan dan syarat sebagai calon.

Pihaknya juga memastikan kebenaran dari partai pengusung terhadap dukungan yang diberikan terhadap pasangan Bobby Nasution dan Surya yang mengikuti pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara.

"Tadi kita juga sudah serahkan surat pengantar untuk melakukan pemeriksaan kesehatan," kata Agus.

Hingga saat ini, KPU Sumut baru menerima kedatangan satu bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Oleh karena itu, pihaknya masih menunggu kedatangan bakal pasangan calon lainnya untuk melakukan pendaftaran sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Masa pendaftaran pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara dilakukan selama tiga hari sejak 27 Agustus hingga 29 Agustus 2024.

Di hari pertama dan kedua, KPU Sumut membuka pendaftaran dimulai pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sedangkan di hari terakhir pukul 08.00 hingga 23.59 WIB.

Bobby Nasution dan Surya yang didampingi ratusan relawan datang Ke KPU Sumut untuk mendaftar pada Pukul 14.30 WIB.

Bobby Nasution mengapresiasi atas kinerja KPU Sumut sehingga proses pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur berjalan lancar tanpa ada hambatan.

Wali Kota Medan itu mengaku seluruh berkas persyaratan yang diserahkan ke KPU Sumut telah dilengkapi dan telah dinyatakan lengkap.

"Untuk cek kesehatan. Kami akan melakukan koordinasi terlebih dahulu. Nanti kami kabarkan," kata Bobby.

Menantu Presiden Joko Widodo itu maju menjadi bakal calon gubernur itu diusung oleh hampir semua partai politik kecuali PDI Perjuangan. Sejumlah pimpinan wilayah partai politik itu pun turut hadir mendampingi Bobby dan Surya.

Bobby Nasution maju di Pilkada Sumut setelah mendeklarasikan diri bergabung dengan Partai Gerindra. Sedangkan Surya merupakan kader dari Partai Golkar yang kini menjabat sebagai Bupati Asahan.

Selain Gerindra dan Golkar, partai politik yang mendukung pasangan tersebut yakni Demokrat, PAN, PKB, PKS, PPP, NasDem, hingga Perindo. Pasangan itu berpotensi mendapatkan lawan petahana, yakni Edy Rahmayadi yang diusung PDI Perjuangan.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024