Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni menyebut keberadaan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dinilai sangat penting karena juga menentukan masa depan anak dalam membentuk generasi emas 2045.

Agus Fatoni menyampaikan itu saat mengukuhkan Penjabat Ketua Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Tyas Fatoni menjadi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Sumut Tahun 2024, di Medan, Kamis.

"Saya percaya Bunda PAUD akan mampu melaksanakan tugas dan kewajiban disertai dengan rasa tanggung jawab melakukan pembinaan dan pengawasan layanan PAUD di Provinsi Sumut. PAUD berperan penting membentuk generasi emas 2045," ujar Agus Fatoni.

Agus Fatoni mengatakan Bunda PAUD memiliki kekuatan yang besar karena organisasi tersebut tersebar diseluruh Indonesia baik ditingkat atas maupun ditingkat paling bawah.

Selain itu, kata dia, Bunda PAUD juga dinilai mudah melakukan koordinasi dengan pemerintah, karena pengurus-nya merupakan pendamping dari kepala daerah.

"Kenapa Ketua PKK harus isteri kepala daerah? Kenapa Ketua Dekranasda harus isteri kepala daerah? Karena diharapkan komunikasi bisa berjalan baik dengan kepala daerah di level masing-masing, dan bisa dilakukan di mana saja," kata dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, diperlukan sinergi serta kolaborasi yang kuat antar instansi sehingga dapat memperkuat peran dalam menyejahterakan
masyarakat.

"Kekuatan PKK dan PAUD menjadikan kekuatan Provinsi Sumut, hingga ke level bawah. Seperti pada pelaksanaan pencegahan prevalensi stunting, dilakukan mulai dari desa,kabupaten/kota, provinsi hingga ke level pusat. Dengan begitu, maka pencegahan stunting di provinsi ini diyakini akan tuntas," sebut dia.

Dia berharap dengan dikukuhkan-nya pengurus Bunda PAUS 2024 Provinsi Sumut dapat menjadi kekuatan dalam mendukung program-program pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat

"Seluruh kabupaten/kota hari ini berkumpul dalam rangka bertukar informasi, saling berbagi ilmu guna percepatan proses, tujuan dan menyatukan gerakan," jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Penjabat Gubernur Sumut bersama Bunda PAUD Sumut 2024 juga menetapkan desa/kelurahan pelaksana terbaik Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), dan Posyandu tahun 2023 tingkat Provinsi Sumut.

Pengukuhan Bunda PAUD Sumut Tahun 2024 merupakan rangkaian Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2024 yang diselenggarakan 19-22 Agustus 2024.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024