Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir terima kunjungan pengurus DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Samosir, dalam rangka audiensi menyatukan program menguatkan fungsi wisata di Kabupaten Samosir.

Kedatangan pengurus LPM itu diterima langsung Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Samosir Tetty Naibaho, berdialog di ruang kerjanya.

"Kedatangan kami ingin meminta dukungan pemerintah melalui dinas pariwisata bersinergi menyamakan visi misi untuk lebih menguatkan lagi fungsi wisata yang ada di Samosir, sekaligus mengenalkan organisasi LPM yang selalu berperan aktif memberdayakan masyarakat," ujar Ketua DPD LPM Samosir Benri Pakpahan, Selasa (20/8).

Dijelaskan, ada empat program yang berhasil didiskusikan pihaknya dalam pertemuan tersebut. Pertama, menghidupkan kembali objek wisata yang sudah tidak terurus dengan baik. Dicontohkan, seperti lokasi wisata Danau Sidihoni yang terletak di Kecamatan Ronggur Nihuta, yang saat ini membutuhkan perhatian serius untuk pengelolaannya.

Kemudian, LPM yang merupakan mitra bagi pemerintah memajukan pembangunan agar dilibatkan dalam setiap event-event pariwisata Samosir baik tingkat lokal maupun nasional.

Di sisi lain, bersama Dinas Pariwisata Samosir dengan memberdayakan potensi SDM yang dimiliki LPM, untuk menciptakan aplikasi bernama Visit Samosir yang nantinya akan memudahkan para wisatawan mengakses seluruh objek wisata tersebar di sembilan kecamatan di Samosir berikut rute perjalanan yang ditempuh.

"Yang terakhir, LPM ingin menciptakan peluang bisnis di bidang pariwisata yang nantinya akan melibatkan kaum milenial yang merupakan putera/i asli Samosir. Dengan program-program ini nantinya, kita yakin wisata Samosir akan semakin berkembang ke depan," tutur Benri.

Sementara, Kadispar Samosir Tetty Naibaho menyampaikan pihaknya berupaya membantu LPM sebagai salah satu mitra pemerintah dalam mendukung setiap program yang telah direncanakan.

"Kita akan mengupayakan agar LPM bisa bergerak menjalankan program kerjanya membantu mewujudkan apa yang diharapkan pengurus LPM Samosir," kata Tetty mengakhiri.

Pewarta: Eben Ezer Pakpahan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024