Atlet dansa Sumatera Utara yang disiapkan untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut berhasil mengukir prestasi pada kejuaraan internasional di Negeri Sembilan, Malaysia.

"Ini hasil yang bagus diraih atlet dansa Sumut di kejuaraan ini. Ini menjadi persiapan atlet kita untuk PON 2024," kata Ketua Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI) Sumatera Utara Drg Tetty yang dihubungi dari Medan, Jumat.

Di kejuaraan bergengsi itu, atlet Sumut sukses menyabet sejumlah gelar, di antaranya juara satu solo amateur open, yang sukses dipersembahkan Stevany.

Dance.Juara 2 kategori novice standart, yang diraih Khairunnisa dan M Kevin Devisco dan juara 2 pre amateur latin yang disematkan kepada Helbert Howie Lymnois dan Najmina Azzahra.

Kejuaraan internasional yang bertajuk "Negeri Sembilan International Dancesport Championship 2024 & 3rd International Dance & Music Cross Cultural 2024" tersebut diikuti 14 negara dengan 400 peserta, termasuk dari Indonesia.

Sejumlah negara yang ikut di antaranya Thailand, Indonesia, Taiwan, Singapura, Filipina, China, Korea, Sri Lanka, Vietnam, Hong Kong, Rusia, Italia, Polandia, Jepang dan Malaysia.

Lebih lanjut Tetty mengatakan, hasil itu menjadi evaluasi dan tolok ukur IODI Sumut untuk menghadapi PON. Meski berhasil meraih sejumlah medali, pihaknya tetap melakukan evaluasi dan memperbaiki kekurangan demi peningkatan kekuatan atlet sebelum PON 2024 dimulai.

Di PON mendatang, Sumut akan menurunkan sejumlah atlet, yakni Hendra, Alwin Giovano, Gerry Alexander, Aji Prihartanto, M Farhan, M Ikhsan Prayogi, Zidan Pratama Putra, Yoga Kuswara Guspan, Sheka Prananda, M Kevin Devisco, M Daud Ibrahim Hasibuan.

Kemudian, M Afrizal, Tiara Ayu Lestari Pasaribu, Rahmad Hidayah, Ade Rahma Yusra, Helbert Howie Lymnois, Kelvin, Joelly Lai Yi Wen, Stevany, Khairunnisa, Rosalinda Nasution, Najmina Azzahra. Mereka dilatih Tetty, Hafid Aryadi dan Agus Salim Samosir.

Di PON 2024, ada 21 nomor yang diperlombakan yakni dancesport (putra-putri), amateur latin, amateur standar, rising star, rising star latin, rising star standar, pre amateur latin, pre amateur standar.

Kemudian, FFA Cha Cha, FFA Rumba, FFA Samba, FFA Jive, FFA Waltz, FFA Tango, FFA Quickstep, FFA Slowfoxtrot. Lalu Syncronize Waltz Quickstep, Line Dancesport Rumba Samba, Line Dancesport Cha Cha Jive, Hip Hop dan Traditional

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024