Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (APPSI) menilai Pasar Lelang Komoditas (PLK) bisa menjadi solusi untuk menekan inflasi dan menciptakan tata niaga komoditas yang berkeadilan.

Koordinator APPSI Sumut Muhammad Misbah di Medan, Rabu, mengatakan harga di pasar sangat fluktuatif, petani sangat terhimpit ketika gagal panen dan jarang mendapatkan perhatian namun di pasar masyarakat terus menuntut harga komoditas murah. 

Melalui Pasar Lelang Komoditas tersebutlah diharapkan terciptanya efisiensi mata rantai perdagangan yang adil.

Karena memang kenyataannya di lapangan petani sering kali mengeluh ketika gagal panen. Biaya yang mereka keluarkan tak sebanding dengan keuntungan, namun di pasar masyarakat terus menuntut harga murah.

"Kedua hal tersebut harus sama sama diberikan perhatian dan di sinilah pentingnya peran pemerintah daerah untuk meninjau PLK," katanya.

Untuk itu pemerintah daerah diharapkan terus mendorong pengamanan dan penguatan pasar. Caranya, membenahi sistem distribusi yang menunjang daya saing perdagangan, perbaikan iklim, pemberdayaan UMKM dan perlindungan konsumen.

Hal tersebut perlu terus dibenahi agar pasar lelang komoditas (PLK)  bisa berjalan baik dan menekan laju inflasi di Sumatera Utara khususnya. 

"Harus fokus dalam meninjau PLK ini, jika tidak maka tidak akan berlanjut. Komunikasi dengan UMKM dan petani juga harus intens dilakukan pemerintah setempat, regulasi juga harus jelas ini sangat penting di tengah gempuran inflasi," katanya.

 

Pewarta: Dina Purnama

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024