Tim sepak bola putra Sumatera Utara terus menggeber persiapan dan saat ini lebih fokus pada fisik dan taktik seiring semakin dekatnya perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut.

Pelatih Sepakbola Putra PON Sumut Ridwan Saragih yang dihubungi dari Medan, Selasa, mengatakan, saat pihaknya memprioritaskan persiapan fisik dan taktik untuk memastikan timnya tampil maksimal di kompetisi mendatang.

Sehingga dirinya menegaskan pentingnya recovery dan kebugaran pemain sebagai kunci kesuksesan di fase penyisihan nantinya di grup B nantinya di PON.

Saat ini 23 pemain sepakbola PON Sumut sedang melakoni pemusatan latihan di Desa Sei Karang, Galang, Kabupaten Deli Serdang.

"Kita tahu di Grup B ada lima tim, berarti di penyisihan kita akan menghadapi empat pertandingan. Jadi saya harus fokus pada bagaimana recovery pemain dan kebugaran mereka. Tujuan saya adalah agar pemain tim PON Sumut berada dalam performa terbaik mereka saat kompetisi nanti," katanya.

Di PON nanti Sumut tergabung dalam grup B bersama Sulawesi Tengah, Papua Barat, Sulawesi Barat dan Jawa Tengah. Dengan begitu, akan ada empat pertandingan yang bakal dilakoni lima tim tersebut di babak penyisihan.

Sebagai bagian dari persiapan, tim pelatih telah merancang simulasi pertandingan yang menyerupai kondisi kompetisi PON.

Simulasi ini mencakup istirahat satu hingga dua hari serta penyesuaian jam pertandingan yang bisa maju ke siang hari.

"Kita akan mengatur simulasi ini agar mirip dengan kondisi di PON. Jam pertandingan bisa kita sesuaikan ke siang hari, misalnya jam 2 atau 3 sore. Kami menyadari bahwa semua tim pasti melakukan persiapan matang dan uji coba. Artinya, kami harus lebih siap dari yang lain, baik dari segi taktik, teknik, fisik, psikologi, maupun sosial," katanya.

Ia juga menambahkan pentingnya manajemen kondisi pemain, mengingat tidak semua pemain akan bermain di setiap pertandingan penyisihan, apalagi, tim sepakbola PON Sumut hanya diperkuat 23 pemain.

"Kami harus memastikan bahwa pemain kami tetap dalam kondisi terbaik hingga babak delapan besar. Jika kita terlalu mengejar di penyisihan, bisa jadi top performa kita tidak terlihat saat babak delapan besar nanti," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024