Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) mengajak masyarakat agar menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di wilayah ini yang aman dan damai. 

"Kami berkoordinasi dan diskusi kepada tokoh pemuda, tokoh agama dan masyarakat lainnya untuk menciptakan Pilkada Sumut yang aman dan damai," ujar Kepala Polda Sumut Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto di Medan, Senin. 
 
Walaupun, nantinya, menurut Wishnu masyarakat akan memilih calon pemimpin yang berbeda karena hal itu biasa dalam pemilu.

"Saya yakin dengan kebersamaan dan ikut serta masyarakat,  Pilkada Sumut tercipta keamanan dan ketertiban serta kedamaian mencapai masyarakat Sumut yang lebih baik," tutur Kapolda. 

Ditambah dengan pihaknya bersama penyelenggara pemilu senantiasa melakukan koordinasi serta kolaborasi dengan semua unsur-unsur masyarakat agar dapat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah beribu Kota Medan ini.

Dia menambahkan, Polda Sumut mengetahui ada 25.000 tempat pemungutan suara (TPS), untuk itu pihaknya telah melakukan pengamanan yang sudah dibuat sistem pengamanan sesuai di Markas Besar (Mabes) Polri dan didukung TNI. 

Untuk itu, dalam pengamanan maksimal Polda Sumut mengerahkan sebanyak 12.514 personel dalam Operasi Mantap Praja Toba 2024 pilkada ini. 

Dlaam pengamanan ini juga melibatkan dari berbagai instansi yakni TNI, perlindungan masyarakat (Linmas) dan unsur lainnya sebanyak 52.178 personel.

"Operasi ini bertujuan menciptakan keamanan, kelancaran dan ketertiban pada setiap tahapan Pilkada 2024 dengan memanfaatkan teknologi informasi berbasis media dalam mendukung pelaksanaan operasi tersebut," tutur dia.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024