Para atlet catur putri Sumut terus mematangkan persiapan, khususnya dalam hal penerapan strategi mengalahkan lawan, demi meraih hasil maksimal di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut yang arenanya di Kabupaten Karo dan akan berlangsung September mendatang.

Pelatih catur putri PON Sumatera Utara, Agus Siallagan di Medan Sabtu mengatakan, perkembangan atlet asuhannya menatap perhelatan event olahraga empat tahunan itu terus menunjukkan progres yang cukup baik.

Bahkan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan, tim catur putri Sumut juga mendatangkan Master Percasi, Johan Goliong, untuk try in, menguji kemampuan para atlet.

"Beliau master nasional dari Medan pindah ke Sulawesi Barat, terus pindah ke Jawa Barat sampai sekarang," kata Agus.

Agus juga memaklumi bahwa fasilitas latihan masih minim karena tidak ada atlet prioritas, namun tidak ada alasan untuk tidak siap.

"Fasilitas masih seperti itu karena kami ini tidak ada atlet prioritas. Atlet prioritas itu dari kemarin-kemarin udah dilatih," katanya.

Agus yang kini melatih tim putri setelah sebelumnya melatih tim putra, menekankan pentingnya teori dan strategi yang ilmiah dalam pelatihan.

"Aku dulu pelatih putra, sekarang aku pelatih putri. Kemajuannya semua aku tak bisa ukur, baru kita ukur kemarin aku kasih aja teori yang benar-benar scientific, berdasarkan penelitian ahli, ada teori-teori pembukaan, permainan tengah, taktik strategi," katanya.

Meski demikian, Agus optimistis dengan timnya. Menurutnya tim putri cukup solid dan bagus, namun untuk hasil semua kembali kepada yang Maha Kuasa.

Namun, Agus menyebutkan bahwa tim catur putri di bawah Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumut belum mengajukan try out karena beberapa pertimbangan.

"Belum ajukan try out, kalau ada pun mau ke mana? Kalau untuk kontingen yang dominan tidak ada yang menonjol untuk try out, kekuatan merata. Tim PON lain juga nggak akan mau tunjukkan kekuatannya, sama-sama menyembunyikan kekuatan. Kalau tryout sama asing, saya nggak mau, takut mental jatuh, dan biayanya pun besar," katanya.

 

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024