Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan menyatakan sebagian wilayah di Sumatera Utara dilanda cuaca panas mencapai 36,2 derajat Celsius.

Prakirawan Cuaca Balai Besar MKG wilayah I Medan Utami Alkhairat, Selasa, mengatakan, suhu tercatat saat ini di BMKG wilayah 1 yaitu 36.3 Celsius dan diprediksi cuaca cerah berawan masih akan terjadi dalam 2 - 3 hari ke depan.

Untuk itu masyarakat diingatkan agar waspada potensi suhu udara yang cukup panas dan gerah di wilayah dataran rendah, perkotaan, dan pesisir pantai Sumatera Utara.

Sementara berdasarkan pantauan sensor medis yakni Satelit Tera, Aqua, SNPP, dan NOAA20, terpantau tiga titik panas (hotspot) di sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut).

Ketiga titik panas tersebut masing-masing terpantau satu titik di Kecamatan Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal, dan dua titik di Kecamatan Panei Hilir, Kabupaten Labuhanbatu.

Terkait cuaca pada Rabu (24/7) pagi rata-rata cerah berawan dan pada siang hingga sore hari berpotensi hujan ringan di wilayah Kepulauan Nias, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Pakpak Bharat dan sekitarnya.

Pada malam hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kepulauan Nias, Pakpak Bharat, Samosir, Tapanuli Tengah, Sibolga, Dairi, Tapanuli Utara, dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 15–36 derajat Celsius, kelembapan udara 50–90 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 2–15 km per jam.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024