Para tokoh masyarakat Kelurahan Hutasuhut, Kecamatan Sipirok,  Tapanuli Selatan Provinsi  Sumatera Utara  (Tapsel) melakukan "upah-upah" kepada bupati setempat Dolly Pasaribu, Jumat.

Upah-upah" dengan ala adat Batak Angkola ini sebagai ungkapan rasa syukur dan menunjukkan kecintaan masyarakat terhadap Bupati Dolly Pasaribu.

Dalam tradisi masyarakat setempat, upah-upah dilaksanakan pada pelaksanaan adat  pernikahan. Tradisi upah-upah atau dalam bahasa Indonesia berarti pemberian dan dalam istilah tradisi adalah sarana untuk memberikan nasihat dan doa.

Dimana masyarakat Hutasuhut yang dengan sengaja mengundang dengan mempersembahkan berbagai makanan kepada Dolly Pasaribu secara adat istiadat Tapsel.

Mulai barisan Hatobangon; Harajaon; Tokoh Agama; Alim Ulama; Cerdik Pandai, Kepala Lingkungan; dan masyarakat hadir bersama Dolly memenuhi pelataran rumah Ibu N.Nainggolan yang akrab disapa "Opung Cantik".

Opung Cantik mengatakan pemberian makan secara adat atau "upah-upah" tersebut sengaja di gelar sebagai bentuk tulus dan dukungan penuh agar Bupati Tapsel Dolly Pasaribu sukses memimpin.

"Perbanyak sabar amang, terus berjuang secara tulus dan iklhas dan lillahitaala, hadapi kondisi apapun dalam menggapai cita-cita demi Tapsel yang lebih baik lagi," kata Opung Cantik memberi semangat.

Menurut Opung Cantik, jamuan makan "upah-upah" ini merupakan dorongan dan semangat serta bukti dukungan kuat masyarakat kepada kepala daerah.

Demikian dengan Raja Keling Hutasuhut (Hatobangon) yang dalam kesempatan ini tidak lupa memanjatkan doa kepada Allah kelak apa yang diimpikan Dolly Pasaribu dapat dikabulkan.

"Mudah-mudahan Pak Bupati tetap sehat dan kuat serta panjang umur, murah rezeki, dan kami masyarakat tetap mendukung dalam rangka Tapsel agar bertambah maju ke depan," ucap Keling.

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu yang mengaku kaget atas undangan masyarakat itu tidak banyak berkata-kata terkecuali mengucapkan rasa syukur dan alhamdulillah kepada Allah SWT.

"Terima kasih bou (tutur tante-red), saya tak menyangka begitu tingginya perhatian bou telah memberi "upah-upah". Hal ini menjadi pendorong dan motivasi bagi saya memajukan Tapsel ke depan," ucap Dolly penuh haru.

Turut hadir mendampingi Bupati Tapsel Dolly Pasaribu di acara ini Plh Sekda, sejumlah Pimpinan OPD, Kabag Umum, dan Camat Sipirok.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024