Sebanyak 1.400 atlet pelajar dari berbagai daerah di Sumatera Utara bersaing menjadi yang terbaik di ajang Pekan Olahraga Pelajar Provinsi  Sumatera Utara, 1-6 Juli 2024.

"Ini adalah wadah bagi 1.400 atlet muda kita untuk mengharumkan nama daerah masing-masing. Ini juga persiapan kita menyambut PON XXI 2024 di mana Sumut akan menjadi tuan rumah," kata Kadispora Sumut Baharuddin Siagian, saat membuka Popprovsu 2024 di Medan, Selasa.

Ia mengatakan pembukaan yang digelar di GOR Mini Futsal Dispora Sumut itu menandai dimulainya persaingan sportif antar atlet muda berbakat dari seluruh penjuru Sumut dan menekankan pentingnya kegiatan itu sebagai batu loncatan menuju PON XXI 2024.

Pembukaan Popprovsu yang juga dihadiri sejumlah pejabat terkemuka, termasuk Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis dan 27 Kadispora Kabupaten/Kota se-Sumut, menunjukkan dukungan penuh terhadap perkembangan olahraga di kalangan pelajar.

Ia juga menyampaikan pesan moral kepada para atlet agar tetap mengutamakan sportifitas dalam bertanding, sehingga Popprovsu yang mempertandingkan delapan cabang olahraga tersebut berjalan dengan sportif dan jujur.

"Jauhi seks bebas dan tawuran. Fokus lah pada olahraga dan bawa nama baik daerah kalian. Popprovsu tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sarana pembinaan bagi atlet muda potensial," katanya.

Popprovsu kali ini mempertandingkan delapan cabang olahraga yakni atletik, gulat, judo, taekwondo, karate, wushu, tinju,dan bola voli.

"Kegiatan ini sangat penting untuk menjaring bakat-bakat baru. Selama beberapa hari ke depan, Sumatera Utara akan menjadi saksi lahirnya bintang-bintang olahraga masa depan yang siap mengharumkan nama daerah dan bangsa di kancah nasional maupun internasional," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024