Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah lereng timur Sumatera Utara yang dapat menyebabkan terjadinya banjir, longsor, serta bencana hidrometeorologis lainnya pada Selasa (2/7)," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Martha Manurung di Medan, Senin.

Ia menyebutkan secara umum cuaca di Sumatera Utara pada Selasa (2/7) pagi berawan dan berpotensi hujan ringan di Langkat, Medan, Deli Serdang, Batubara, dan Serdang Bedagai.

Pada siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di Toba, Serdang Bedagai, Asahan, Batubara, Simalungun, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Mandailing Natal, dan Padang Lawas.

Pada malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di Langkat, Binjai, Deli Serdang, sedangkan dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan di Langkat, Medan, Binjai, Deli Serdang, Batubara, Serdang Bedagai, dan Asahan.

Suhu udara rata-rata 16-32 derajat Celcius, kelembapan udara 60-98 persen, dan angin berembus dari tenggara-barat daya dengan kecepatan 10- 30 km/jam.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Rizki Fadhillah mengatakan, gelombang setinggi 1,5-2 meter berpotensi terjadi di wilayah perairan utara Sabang, perairan barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, dan Samudera Hindia barat Aceh hingga Bengkulu.

Pola angin di wilayah perairan Sumatera bagian utara pada umumnya bertiup dari arah barat hingga utara dengan kecepatan berkisar 2-15 knot.

Dia meminta masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024