PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) melanjutkan konstruksi Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan. Sebelumnya, HKI telah menyelesaikan segmen Binjai – Stabat (12,5 km)  yang dioperasikan pada tahun 2022 dan segmen Stabat – Kuala Bingai – Tanjung Pura (25 km) yang menyusul beroperasi pada tahun 2023.

 Saat ini, HKI tengah menggenjot konstruksi segmen  Tanjung Pura-Pangkalan Brandan sepanjang 19,36 km.

Direktur Operasi III HKI Aditya Novendra mengatakan bahwa hingga akhir Mei 2024, progres  penyelesaian segmen Tanjung Pura – Pangkalan Brandan sudah mencapai 92,05 persen..

“Jalan tol ini direncanakan memiliki dua  gerbang tol yang masing-masing terletak di Tanjung Pura dan Pangkalan Brandan. Dengan panjang total 57 km, Jalan Tol Binjai – Pangkalan Brandan  dapat segera rampung secara menyeluruh di tahun ini,” ujar Aditya.

Dalam proses konstruksi yang dilakukan, HKI menghadapi tantangan dimana trase jalan tol melintasi pipa gas alam milik PT Pertamina Gas. Untuk melindungi pipa gas alam dari kelongsoran  tanah, HKI melakukan proteksi dengan soldier pile dan konstruksi baja. HKI juga menggunakan  geotextile untuk melindungi pipa gas dari matahari.

Pelaksanaan pekerjaan di titik posisi pipa gas pun menggunakan box crossing dengan timbunan  yang dilakukan dengan perhitungan teknis dan aspek safety yang matang. Metode box crossing dengan treatment khusus yang melintasi pipa gas alam adalah metode pertama yang dilakukan dari  seluruh Proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Selain itu, HKI juga melakukan penanganan  terhadap beberapa spot tanah lunak dengan prefabricated vertical drain (PVD), prefabricated horizontal drain (PHD), pile embankment, preloading, serta penggunaan pile slab.

Dalam membangun JTTS, HKI berkomitmen memberikan hasil terbaik dengan tantangan yang  tidak mudah.

Kami mohon doa dan dukungan masyarakat agar pembangunan segmen Tanjung Pura – Pangkalan Brandan ini bisa segera kami selesaikan dengan baik,” tutup Aditya. 

Hingga saat ini, HKI masih mengerjakan sejumlah proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera  (JTTS) lainnya seperti Jalan Tol Padang – Sicincin, Junction Palembang-Indralaya, Jalan Tol  Lingkar Pekanbaru, serta Jalan Tol Betung – Jambi Seksi 4.

 HKI juga mengerjakan proyek Tempat 
Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area Jalan Tol Pekanbaru Dumai dan TIP Jalan Tol Bengkulu – Taba Penanjung. Untuk proyek non JTTS, HKI kini tengah mengerjakan proyek SMO  Construction Services di PHR Riau, Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi Paket II, dan Jalan Tol  Cikampek Selatan Paket 2A.


 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024