Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sebagian wilayah Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada Jumat (28/6) siang dan malam.

Prakirawan Cuaca Balai Besar MKG Wilayah I Medan Nensy Nindy Tambunan, Kamis, mengatakan, secara umum cuaca di Sumatera Utara pada Jumat pagi rata-rata berawan dan hujan ringan di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Hujan ringan berpotensi terjadi di Humbang Hasundutan, Sibolga, Tapanuli Tengah, Padang Lawas, dan Mandailing Natal.

Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Hujan lebat berpotensi di Karo, Deli Serdang, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Mandailing Natal, Humbang Hasundutan, Sibolga, Gunung Sitoli, Nias, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Hujan lebat berpotensi di Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Karo, Pakpak Bharat, Samosir, Humbang Hasundutan, Sibolga, Tapanuli Tengah, Mandailing Natal, dan sekitarnya.

Dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan di Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Kepulauan Nias, dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 17–34,0 derajat Celcius, kelembapan udara 60–98 persen dan angin berhembus dari timur-barat daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Sementara Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Christen Novena mengatakan, gelombang di perairan wilayah barat Indonesia rata-rata 0,5 - 1,25 meter.

Kondisi tersebut berpotensi terjadi di perairan utara Sabang selatan-barat daya, Selat Malaka bagian utara tenggara, perairan Sabang - Banda Aceh selatan, perairan Lhokseumawe timur-tenggara, Selat Malaka bagian tengah tenggara.

Kondisi yang sama juga dapat terjadi di perairan barat Aceh timur - selatan, perairan Meulaboh - Sinabang timur-tenggara, Samudera Hindia barat Aceh Tenggara-barat daya, perairan Nias-Sibolga tenggara - selatan.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024