Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat di kawasan pegunungan Sumatera Utara pada Minggu (22/6) yang dapat menyebabkan banjir.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah sebagian Lereng Timur dan Pegunungan Sumatera Utara yang dapat  berpotensi terjadinya banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Aryo Prasetyo Mulyo, Sabtu.

Secara umum, kata dia, cuaca di Sumatera Utara pada Minggu (23/6) pagi rata-rata cerah dan berawan banyak.

Namun pada siang dan sore hari berpotensi hujan ringan di sebagian wilayah Sumatera Utara. Hujan ringan berpotensi di wilayah Karo, Pematang Siantar, Simalungun, Samosir, Toba dan sekitarnya.

Serta pada malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Karo, Dairi, Simalungun, Pematang Siantar, Samosir, Toba, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Dini hari cerah berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 16 - 31,0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60–98 persen dan angin berhembus dari Barat Daya - Barat Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Sementara Stasiun Meteorologi Maritim Belawan, Medan, Sumatera Utara, mengingatkan semua pihak agar waspada potensi terjadinya gelombang tinggi 1.25 hingga 2.5 meter yang dapat terjadi di Selat Malaka bagian Utara.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024