Al Washliyah meminta pemerintah proaktif turun ke lapangan untuk memeriksa hewan kurban yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha atau membuka akses atau posko bagi masyarakat yang ingin memeriksakan hewan kurbannya.

"Itu tentunya demi memastikan hewan kurban memenuhi persyaratan," kata Ketua Al Washliyah Kota Medan Abdul Hafiz, di Medan, Sumut, Sabtu.

Ia mengatakan di antara yang harus diperhatikan adalah memastikan hewan kurban yang akan disembelih dalam keadaan sehat, tidak mengidap penyakit tertentu yang dibuktikan dengan sertifikat dari dokter hewan berkompeten.

Lebih lanjut Abdul Hafiz menyebutkan bahwa penting diperhatikan juru sembelih hewan kurban idealnya seorang juru sembelih yang bersertifikat dan atau memiliki keahlian dalam menyembelih.

Selain untuk memastikan cara penyembelihan yang benar sesuai norma Islam, juga agar tidak "menyakiti" hewan kurban saat disembelih.

"Bahkan saat penyembelihan agar dijauhkan dari anak-anak yang belum cukup umur, agar tidak menimbulkan efek psikologis pada anak-anak," katanya.

Dalam konteks norma Islam, adab saat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban harus diterapkan, maka hewan kurban yang sedang menunggu antrean untuk disembelih harus dijauhkan, agar hewan tersebut tidak stres karena menyaksikan temannya disembelih.

"Inilah beberapa hal penting yang harus diperhatikan pemerintah dan masyarakat, sehingga diharapkan ibadah kurban yang dilaksanakan diterima Allah Swt," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024