Pemain timnas Indonesia Asnawi Mangkualam menilai kondisi lapangan rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, kurang baik, saat digunakan pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Irak, di mana skuad "Garuda" kalah 0-2.

Kekalahan dam laga yang dimainkan Kamis sore itu, membuat kiprah pasukan Shin Tae-yong untuk memastikan diri lolos ke putaran ketiga tertunda.

“Ya kondisi lapangan hari ini kurang baik dan memang sudah diperingatkan beberapa minggu sebelumnya GBK seperti ini, ada perubahan, tapi memang tidak jauh berbeda, Beberapa struktur lapangan tidak rata,” kata Asnawi pada konferensi pers setelah pertandingan.

Stadion Utama GBK sebelumnya digunakan untuk konser grup idola asal Korea Selatan (Korsel) NCT Dream pada 18 Mei silam. Konser itu sendiri diperkirakan dihadiri oleh sekira 40.000 penonton.

Indonesia sebenarnya cukup bisa mengimbangi Irak, tetapi dua kesalahan yang dilakukan pemain-pemain Indonesia berbuah gol ke gawang Ernando Ari. Pertama saat wasit menilai bola mengenai tangan Justin Hubner di kotak penalti, dan saat Ernando berusaha mengecoh pemain lawan tetapi justru bolanya terebut.

“Mohon maaf kepada suporter, hasil ini tidak memuaskan. Tentunya kita masih ada satu kesempatan ke babak ketiga nanti, tanggal 11 nanti kami akan berusaha maksimal dapat poin (lawan Filipina), semoga kami bisa lolos,” tutur mantan pemain PSM Makassar itu.

Indonesia saat ini masih menghuni posisi kedua di klasemen sementara Grup F dengan tujuh poin, unggul tiga poin atas tim peringkat ketiga, Vietnam, yang pada saat berita ini ditulis masih bermain imbang 0-0 dengan Filipina.

Tim Garuda akan lolos ke putaran ketiga, seandainya mampu mendulang kemenangan atas Filipina pada pertandingan terakhir fase grup.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Asnawi Mangkualam nilai kondisi lapangan Stadion GBK kurang baik

Pewarta: A Rauf Andar Adipati

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024