Babak pertama pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis sore, antara tim nasional sepak bola Indonesia melawan Irak berakhir imbang 0-0.

Pada laga kelima Grup F itu, Irak berinisiatif untuk melakukan serangan terus-menerus ke sisi pertahanan Indonesia di lima menit awal.
 
Namun, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan tidak tinggal diam. Pada menit 8, Shayne Pattynama mencoba penetrasi ke depan, tetapi belum berhasil menerobos masuk untuk melepaskan tendangan ke gawang Irak yang dikawal Jalal Hassan.
 
Baca juga: Preview Indonesia vs Irak: saatnya Garuda tekuk Singa Mesopotamia

Menit 11, gantian Marselino yang beraksi masuk dari sisi kanan pertahanan Irak. Pemain bernomor punggung 7 itu, mencoba mengumpan bola ke Rafael Struick, tetapi aliran bola berhasil dipotong oleh bek Irak.
 
Permainan coba terus diambil alih skuad Garuda. Kali ini, melalui kerja sama Tom Haye, Walsh, dan Marselino yang mencoba menekan pertahanan Irak. Build up dari belakang dengan sangat rapi dilakukan keduanya, namun belum mampu menembus gawang Singa Mesopotamia.
 
Peluang emas didapat Struick. Dia berhasil melewati dua pemain Irak, setelah bergelut merebut bola dalam kotak penalti Irak. Namun, pemain nomor punggung 9 itu sedikit memaksakan untuk menendang bola ke arah gawang, sehingga bola berhasil diblok oleh bek Irak.
 
Shayne yang berdiri bebas tanpa pengawalan, tampak kesal tidak diberi umpan oleh Struick. Di waktu akhir, Ernando melakukan penyelamatan pada menit 44 saat tendangan pojok.
 
Indonesia pada pertandingan ini dituntut untuk meraih kemenangan, agar segera melaju ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, sementara Irak sudah memastikan diri lolos

Baca juga: Jadwal lengkap dua laga Indonesia melawan Irak dan Filipina

Dalam pertandingan hari ini, Indonesia juga mencoba memperbaiki rekor pertemuan menghadapi Irak, karena dari 13 pertemuan sebelumnya, skuad Garuda hanya mencatatkan dua kemenangan, tiga hasil imbang dan menelan delapan kekalahan.
 
Sedangkan dalam pertemuan terakhir pada Januari lalu, Irak juga sukses mengalahkan Indonesia dengan skor 3-1 di Stadion Ahmad Bin Ali, Al Rayyan, Qatar, pada pertandingan Grup D Piala Asia 2023.
 
 

Pewarta: Donny Aditra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024