Sebanyak 1.215 peserta asal Sumatera Utara mengikuti Ujian Mandiri-Computer Based Test (UM-CBT) Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2024.

Ketua Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (KAGAMA) Sumut Mulianta Sitepu mengatakan jumlah tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun sebelumnya yang sebanyak 1.195 peserta.

"Pelaksanaan ujian akan dilakukan sampai empat sesi, dimulai 30 Mei sampai 1 Juni 2024," ujar Mulianta Sitepu saat meninjau peserta UM-CBT bersama Pj Gubernur Sumut Hassanudin, di Medan, Kamis.

Mulianta Sitepu menjelaskan 1.215 peserta tersebut akan mengikuti empat sesi ujian yang memiliki batas waktu yang telah ditentukan.

“Pelaksanaan ujian untuk Sosial Humaniora dilaksanakan pada pukul 07.15 WIB sampai 10.45 WIB. Sedangkan untuk Saintek dilaksanakan pada pukul 07.15 WIB sampai 11.45 WIB," kata dia.

Pada tahun sebelumnya, kata dia, jumlah peserta yang lulus dari Sumatera Utara sebesar 10 persen. Untuk itu, diharapkan tahun ini dapat meningkat.

"Jumlah peserta yang mengikuti UM CBT UGM sebanyak 1.195. Jumlah peserta, yang dinyatakan lulus ada 10 persen. Diharapkan tahun ini jumlah kelulusan peserta dari Sumut juga akan bertambah," sebut dia.

Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin dalam kesempatan yang sama meminta para peserta untuk fokus dalam menjawab soal soal ujian agar mendapatkan nilai maksimal.

Hassanudin yang merupakan alumni UGM ini juga berharap semakin banyak masyarakat Sumatera Utara yang berkuliah di salah satu perguruan tinggi terbesar di Indonesia tersebut.

“Saya atas nama pribadi sangat senang sekali, teringat beberapa tahun lalu yang ikut melaksanakan ujian. Saya ucapkan selamat melaksanakan ujian, bagi yang belum, semoga hasilnya baik," kata Hassanudin yang juga lulusan S3 Doktor Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan, Sekolah Pascasarjana UGM 2023.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024