Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatra Utara menargetkan tingkat partisipasi pemilih di wilayah ini pada pemilihan gubernur dan wakil gubenur dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 sebesar 80 persen.

"Target kami 80 persen tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada 2024," ujar Ketua KPU Sumut Agus Arifin, di Medan, Senin.

Pengalaman dalam menyelenggarakan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif pada 14 Februari 2024, kata dia, menjadi bekal yang cukup untuk mempersiapkan pilkada dengan baik sehingga target tersebut dapat tercapai.

"Saat ini, sejumlah tahapan pilkada sudah kami selesaikan, peluncuran pilkada, pembentukan badan ad hoc, sudah selesai," kata dia.

Untuk mencapai target ini, dia melanjutkan KPU Sumut telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesadaran demokrasi di kalangan masyarakat. Sosialisasi terus digencarkan agar pelaksanaan pemilihan dapat lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu, KPU Sumut juga memperkuat sinergisitas dengan seluruh elemen masyarakat, karena kesuksesan pesta demokrasi tidak terlepas dari peran semua pihak.

"Kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta dalam mendukung pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur 2024. Dukungan dan peran sangat berguna menyuskseskan pesta demokrasi ini," sebut dia.

Pada Pemilu 2024, KPU Sumut mencatat jumlah partisipasi pemilih di wilayah ini mencapai 75,08 persen dari 10.853.940 daftar pemilih tetap (DPT).

Berdasarkan surat suara yang dibacakan pada rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat provinsi, jumlah masyarakat yang menggunakan hak pilihnya pada pemilihan presiden dan wakil presiden sebanyak 7.923.259 pemilih yang terdiri 3.769.657 laki-laki dan 4.153.602 perempuan.

Secara persentase partisipasi pemilih Pemilu 2024 di Sumut menurun dibandingkan di Pemilu 2019 yang mencapai 79,91 persen.

Untuk itu, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan partisipasi pemilih di wilayah ini pada pemilihan gubernur dan wakil gubenur dalam pemilihan kepala daerah 2024.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Sumatra Utara Hassanudin mengajak semua pihak memperkuat komitmen dan menyamakan persepsi dalam menyukseskan Pilkada 2024.

Menurutnya, partisipasi masyarakat, merupakan salah satu simbol kualitas demokrasi daerah.

“Target kita partisipasi masyarakat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, semakin tinggi partisipasi masyarakat semakin tinggi pula kualitas demokrasi dan kita mendapatkan pemimpin yang memiliki legitimasi kuat," ujar Hassanudin.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024