Universitas Sumatera Utara (USU) memperkenalkan berbagai program internasionalisasi kampus di Doha, Qatar, melalui The 1st Indonesian Education Expo in Qatar, sebagai upaya menarik minat siswa negara asing untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri tersebut.

Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Kerja Sama USU Prof Poppy Anjelisa Zaitun di Medan, Senin, mengatakan pada pameran pendidikan tersebut pihaknya memperkenalkan berbagai fakultas serta program internasionalisasi USU seperti student exchange, staff exchange, research collaboration dan summer course.

Partisipasi USU pada pameran pendidikan tersebut dinilai sangat bermanfaat untuk pengembangan kampus, karena juga dapat memperluas jaringan internasional dan membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak.

"Selain mendapatkan sambutan hangat dari para pengunjung, kegiatan itu juga mendapatkan perhatian yang cukup tinggi dari para alumni yang berkarier di Qatar. Kehadiran delegasi USU menjadi momentum bagi para alumni untuk saling bersilaturahmi," katanya.

Ia juga menyampaikan The 1st Indonesian Education Expo in Qatar bertujuan memberikan kesempatan kepada universitas yang ada di Indonesia untuk mempresentasikan program-program terbaik dengan target siswa diaspora Indonesia dan siswa internasional. Selain itu berbagai program beasiswa yang ada di Indonesia dapat dipromosikan pada kesempatan tersebut.

Kegiatan itu diikuti sejumlah universitas terkemuka di Indonesia yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Sumatera Utara (USU), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), IPB University, Binus University, dan Universitas Padjajaran (Unpad).

Keikutsertaan USU dalam The 1st Indonesian Education Expo in Qatar ini, kata dia, diharapkan dapat membuka peluang kolaborasi pendidikan yang lebih erat antara USU dengan perguruan tinggi maupun industri di Qatar.

Selain itu USU menjadi pilihan bagi siswa di Qatar untuk melanjutkan pendidikan baik di strata sarjana, magister, maupun doktoral.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024