Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Sumatera Utara (Sumut) mematangkan persiapan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON), termasuk dengan meningkatkan mental bertanding atlet binaannya.

Ketua Pengprov PCI Sumut Wangsa Amin di Medan, Senin, mengatakan berbagai persiapan terus dimaksimalkan untuk menghadapi PON mendatang. Selain teknik dan fisik, mental bertanding atlet juga menjadi salah satu titik fokus yang terus digeber oleh tim pelatih.

Dengan mental yang terus meningkat, diharapkan para atlet cricket Sumut memiliki kesiapan dan dapat meraih prestasi terbaik di perhelatan olahraga bergengsi tanah air yang digelar empat tahun sekali itu.

"Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mental bertanding adalah dengan menggelar workshop keolahragaan menghadirkan motivator Prof Ramdan Pelana. Ini kita lakukan dalam upaya menyiapkan atlet berkualitas dan memiliki mental juara," katanya.

Latihan mental, lanjut dia, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program latihan atlet cricket Sumut. Untuk itu, para pelatih dapat memperhatikan mental atlet agar dapat menghasilkan atlet dengan mental juara yang dapat mengharumkan nama Sumut.

"PCI Sumut tetap optimistis para atlet memiliki ketangguhan mental yang cukup untuk meraih kesuksesan. Dengan pembinaan mental yang intensif, Sumut dapat tampil sebagai pesaing tangguh dan meraih prestasi yang membanggakan di PON Aceh-Sumut 2024," katanya.

Sementara Prof Ramdan Pelana selaku pemateri dalam workhsop menyebutkan dalam dunia olahraga, konsentrasi merupakan elemen kunci yang membedakan antara atlet yang sukses dan yang tidak.

Konsentrasi yang baik tidak hanya memengaruhi performa atlet dalam pertandingan, tetapi juga dapat memberikan keunggulan kompetitif. Salah satu metode yang terbukti efektif dalam meningkatkan konsentrasi atlet adalah pelatihan mental.

Ia mengatakan, dengan memiliki mental yang baik maka semua atlet akan senang dalam menghadapi suatu pertandingan. Tentunya, peluang Sumut untuk meraih medali emas terbuka lebar karena Sumut menjadi tuan rumah cabang olahraga cricket pada PON yang akan digelar pada 8-20 September tersebut.

"Dalam bidang keolahragaan itu ada fisik, teknik, taktik, dan mental yang harus dimiliki atlet. Itu adalah bentuk persiapan, pembinaan, dan asah mental para atlet agar siap untuk bertanding dan berlaga di pentas olahraga nasional," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024