Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan, Sumatera Utara, menyebut sebanyak tiga orang Pemuda Pelopor Kota Medan 2024 terpilih sebagai delegasi terbaik dalam perhelatan sua pemuda.
 
"Ada tiga utusan Medan unggul dua dari empat kategori pemilihan yang merupakan Pemuda Pelopor Kota Medan 2024," ucap Kabid Layanan Kepemudaan Dispora Kota Medan Muhammad Rizki Husni melalui seluler dari Medan, Kamis (2/5).
 
Ketiganya, jelas dia, Alfiani Maimana, Habiburriziq L Ardi, dan Arjuna Marcelino yang memenangkan dua kategori diperlombakan, yaitu penulisan esai dan media sosial terbaik.
 
Sedangkan dua kategori lagi, dimenangkan delegasi pemuda pelopor asal Kota Bukit Tinggi, Sumatera Barat dengan kategori presenter terbaik, dan Kota Binjai, Sumatera Utara kategori wicara publik terbaik.
 
Adapun dalam esainya, delegasi Medan mengetengahkan inovasi Pemkot Medan menurunkan angka pengangguran dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi melalui aplikasi SiDuta.
 
"Atas keberhasilan tersebut, delegasi Pemuda Pelopor Kota Medan 2024 mendapat piagam penghargaan," kata Rizki.
 
Pihaknya juga mengungkapkan prestasi membanggakan ini tidak terlepas dari langkah Wali Kota Medan Bobby Nasution melibatkan peran pemuda mendukung pembangunan kota.
 
"Membina dan melibatkan kaum muda dalam mendukung pembangunan kota lewat peran masing-masing. Selain itu, juga memfasilitasi setiap kegiatan sebagai potensi yang dimiliki para pemuda," tuturnya.
 
Ia juga mengakui sebelum mengikuti kegiatan sua pemuda ini, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan memberikan pembekalan kepada ketiga utusan tersebut.
 
Perhelatan sua pemuda ini digelar untuk menyemarakkan rapat kerja Komisariat Wilayah (Komwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Pekanbaru, Riau pada 1 - 5 Mei 2024.
 
"Kita menambah wawasan mereka tentang Medan dan perkembangan kekinian, juga berbagai inovasi Pak Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam percepatan pembangunan dan memaksimalkan pelayanan publik," ucap dia.
 
Rizki berpesan kepada ketiga delegasi Kota Medan tersebut tidak cepat puas diri, dan terus mengembangkan kemampuannya masing-masing.
 
"Mereka ini akan kita kirim mengikuti seleksi pemuda pelopor tingkat Provinsi Sumatera Utara. Jika berhasil, mereka mewakili Sumut dalam seleksi pemuda pelopor nasional," jelasnya.
 
 
 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024