Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Sumatera Utara mengincar empat medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut-Aceh yang akan berlangsung September 2024.

Ketua Umum Perbasi Sumut Iwan Hartono Alam di Medan, Rabu, mengatakan, pihaknya optimistis di PON mendatang tim basket Sumatera Utara mampu bersaing dengan tim dari daerah lainnya, khususnya dari Pulau Jawa dalam perburuan medali.

Apalagi persiapan yang dilakukan sejauh ini sudah cukup matang, baik tim basket 5x5 maupun 3x3 putra dan putri.Bahkan para atlet sudah menjalani pemusatan latihan yang menjadi program KONI Sumut untuk mematangkan persiapan menghadapi PON mendatang.

"Kami optimistis bisa menyumbangkan medali untuk Sumatera Utara. Empat medali sudah menjadi target kami, baik emas perak maupun perunggu. Para atlet juga sudah bertekad untuk bisa menumbangkan yang terbaik bagi Sumatera Utara di PON nanti, terlebih lagi kita tuan rumah," katanya saat menyaksikan final Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2024 Regional Sumatera di Lapangan Benteng Medan.

Untuk mewujudkan tekad medali di PON mendatang, lanjut dia, para atlet yang saat ini menjalani Pelatda terus digembleng secara maksimal untuk mematangkan teknik maupun fisik. Latihan pun dijalani pagi dan sore di bawah bimbingan pelatih.

Untuk semakin mematangkan persiapan menghadapi PON, lanjut dia, Perbasi Sumut juga beberapa kali mengirimkan tim untuk uji coba dengan tim tim kuat dan mengikutkan dalam berbagai kejuaraan basket.

Sementara terkait persaingan dalam perburuan medali di PON mendatang, ia mengakui tim tim dari Pulau Jawa tentunya tetap menjadi lawan yang harus diwaspadai, terutama Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat.

"Meski demikian kita jauh jauh hari menekankan kepada semua atlet untuk tetap yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Peluang kita untuk meraih medali sangat terbuka," katanya.

Cabang olahraga basket pada PON mendatang rencananya akan dipertandingkan di Aceh.Hal itu tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi tim basket Sumatera Utara bagaimana agar bisa mewujudkan tekad meraih medali.

"Basket rencananya memang dipertandingkan di Aceh.Tapi kita sejauh ini tetap berupaya bagaimana untuk putri bisa dipertandingkan di Sumut," katanya.

Sementara Sekretaris Umum Perbasi Sumut Raden Gilang Bagus Nugroho mengatakan nomor 3x3 menjadi tumpuan Sumatera Utara untuk meraih medali di PON mendatang, mengingat kemajuan yang dicapai selama ini oleh tim 3x3 putra dan putri.

"3x3 menjadi salah satu andalan kita di PON nanti. Persiapan demi persiapan terus kita matangkan agar kemampuan atlet semakin meningkat dan akhirnya mampu mewujudkan tekad meraih medali di PON nanti," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024