Wali Kota Medan, Sumatera Utara Bobby Nasution menerima tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Melalui keterangan tertulis yang diterima di Medan, Kamis, disebutkan, penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada puncak peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur.

Selain Wali Kota Medan, ada 14 kepala daerah lainnya di Indonesia juga mendapatkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha tersebut.

Tanda kehormatan ini diberikan berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 24 / TK / Tahun 2024 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha.

Berdasarkan Lampiran Kepres Nomor 24 / TK / Tahun 2024 disebutkan, penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha diberikan kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution karena dinilai berkinerja tinggi.

Terutama dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah melalui inovasi sistem informasi manajemen perkantoran terpadu dan media dewan, aspirasiku serta layanan digital yang memangkas birokrasi.

Proses birokrasi layanan administrasi kependudukan dan catatan sipil, pendidikan serta ketenagakerjaan sehingga mempermudah masyarakat dalam mengakses seluruh layanan publik Pemkot Medan.

Lencana kehormatan sangat membanggakan ini diberikan kepada gubernur, bupati dan wali kota sekali seumur hidup atas prestasi wilayah masing-masing.

Tercatat dua gubernur, tujuh bupati dan enam wali kota di Indonesia yang menerima lencana tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha.

Selain itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution juga mendapatkan penghargaan Prestasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Berdasarkan Keputusan Mendagri Nomor 100.2.1.7-6646 Tahun 2023 tentang Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2023.

Sesuai laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah provinsi dan kabupaten/kota 2022, Kota Medan meraih peringkat enam kategori kota se-Indonesia.

Dalam keputusan ini Medan mendapatkan skor 3,5095, setelah Surabaya dengan skor 3,5866, Surakarta 3,5718, Makassar 3,5660, Tangerang 3,5320, dan Semarang 3,5254.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024