Dewan pengurus cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mandailing Natal membuka penjaringan bakal calon kepala daerah untuk Pilkada 2024.

Ketua PKB Mandailing Natal, Khoiruddin Faslah Siregar didampingi Direktur Desk Pilkada, Abdul Waris Rangkuti dan Ketua Penjaringan,Tajuddin Hasibuan, Kamis (25/4) menyampaikan, pembukaan pendaftaran ini sesuai dengan instruksi DPP PKB kepada DPW dan DPC untuk melakukan penjaringan dengan membentuk desk pilkada 2024. 

"Pendaftaran bakal calon Bupati-Wakil Bupati dibuka mulai hari ini sampai dengan tanggal 15 Mei 2024. Dan ini terbuka untuk semua bakal calon," ujar Faslah.

Dia menerangkan, dalam penjaringan tersebut, pengurus partai di daerah sifatnya menjaring dan merekomendasikan. Sementara untuk penentuannya di DPP setelah melalui uji kompetensi.

Dalam penjaringan tersebut jelas Faslah, partai besutan Gusdur ini akan menyurati putra dan putri terbaik Bumi Gordang Sambilan yang dipandang layak untuk memimpin Mandailing Natal untuk lima tahun kedepan.

"Ada 17 nama yang kami surati, termasuk HM Ja'far Sukhairi, Atika Azmi Utammi, Harun Musthafa, Yasir Ridho, Fahrizal Efendi dan nama-nama lain yang muncul di masyarakat," ungkapnya. 

Dengan dibukanya penjaringan itu, dia berharap bakal calon bisa menggunakan fasilitas pendaftaran yang dibuka oleh partai PKB Madina.

"Harapannya, setelah mendaftar mereka sungguh-sungguh mengikuti setiap tahapan, termasuk uji kompetensi atau proper test," lanjut dia.

Sementara itu, Tajuddin Hasibuan menyampaikan, jika sebelumnya sudah ada beberapa tim bakal calon yang telah mengonfirmasi kehadirannya untuk melakukan pendaftaran.

"Pertama, ada tim ibu wakil bupati yang sudah mengonfirmasi kedatangan. Besok, ada dua nama yakni Pak Ivan dan Pak Endar," sebut Tajuddin.

Untuk diketahui, pada Pemilu 2024 partai PKB Madina berhasil mengumpulkan sebanyak 38.776 suara dan mendudukkan lima kadernya di DPRD Madina periode 2024-2029.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024