Wali Kota Medan Bobby Nasution mengajak masyarakat memaknai Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dengan saling memaafkan, silaturahmi, dan berbagi. 
 
"Sebagaimana disampaikan khatib, mari kita maknai Idul Fitri 1445 Hijriah ini dengan saling memaafkan, silaturahmi, dan berbagi," ucap Bobby usai menunaikan Sholat Id di Lapangan Sejati Medan, Rabu (10/4).  
 
Sebelumnya, bersama istrinya Kahiyang Ayu dan ketiga orang anaknya, Bobby Nasution tiba di lokasi sekitar pukul 7.20 WIB. 
 
Tampak pula Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman dan segenap pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemkot Medan. 
 
Suasana khidmat dan kebersamaan Sholat Id diikuti masyarakat itu, bertindak sebagai khatib Ketua MUI Kota Medan Hasan Matsum dan imam Suhaili Daulay merupakan qori nasional.
 
"Sesuai asal kata dari silaturrahim itu sendiri, kata shilah berarti menyambungkan atau menghimpun, dan ar-rahiim berarti kasih sayang," sebut Hasan. 
 
Ustaz Hasan mengatakan, hidup ini tidak akan merasakan ketenangan dan mendapatkan keberkahan kalau ukhuwah terputus. 
 
Oleh karena terputusnya ukhuwah di dalam hati seseorang, maka akan tersimpan kebencian dan rasa permusuhan.
 
Apabila suatu lingkungan masyarakat ada orang-orang yang sudah tidak saling tegur sapa, saling menjauhi, saling membelakangi. 
 
"Saling menggunjing dan memfitnah, maka rahmat Allah semakin jauh dari masyarakat seperti ini," ucap Hasan. 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024