Kantor Kesyahbandar dan Otorita Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP) Danau Toba membagikan perlengkapan keselamatan pelayaran kepada pengusaha perkapalan dan awak kapal. 

Perlengkapan keselamatan pelayaran berupa baju pelampung sebanyak 200 kepada kru kapal dan 200 pelampung lingkaran untuk pengusaha perkapalan. 

Kepala KSOPP Danau Toba, Rijaya Simarmata membagikan kelengkapan keselamatan pelayaran perairan itu di Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, Kamis (4/4).

Pembagian baju pelampung tersebut untuk menjaga keselamatan para kru kapal ketika berlayar di perairan Danau Toba, sedangkan pelampung lingkaran untuk membantu penumpang yang sewaktu-waktu terjatuh ke permukaan air, sehingga tetap terapung.

Dikatakan, keselamatan pelayaran merupakan kebutuhan penting semua pihak, mulai dari operator kapal, nelayan dan para pengguna jasa. 

Simarmata memprediksi jumlah kunjungan wisatawan yang akan menyeberang melalui jasa perkapalan ke Pulau Samosir akan meningkat menjelang libur Lebaran 2024. 

Oleh karena itu, alat-alat keselamatan selayaknya dilengkapi untuk menjaga keselamatan para penumpang dan awak kapal.

Dia berharap pelayaran di kawasan Danau Toba pada musim Lebaran 2024 aman dan kondusif dan alat-alat keselamatan dapat dimanfaatkan untuk keselamatan belayar di perairan Danau Toba. 

Sementara itu, Ketua OPS Marihat Parmai Ramjam Siallagan didampingi Nahkoda Kapal Motor Penumpang Natio 3,  Mengasih Sitio berterima kasih atas perhatian KSOPP Danau Toba karena telah memberikan alat-alat keselamatan berlayar secara gratis kepada ABK. 

Pihaknya akan memanfaatkan bantuan tersebut untuk keselamatan berlayar di perairan Danau Toba. 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024