Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, siap membantu Badan Kenaziran Masjid (BKM) untuk mewujudkan program Masjid Mandiri di wilayah masing-masing.
 
"Pemkot Medan miliki niat membangun Masjid Mandiri. Program ini sudah dimulai oleh Bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution," ujar Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman usai Safari Ramadhan di Masjid Jami' Medan, Selasa.
 
Namun, lanjut dia, pihaknya melihat masih banyak BKM di wilayah ibu kota Provinsi Sumatera Utara belum mampu menjalankan program tersebut.
 
Padahal program ini membuat masjid tidak hanya tempat ibadah, tetapi juga sentra aktivitas masyarakat, baik pemberdayaan ekonomi, pendidikan, sosial maupun politik.
 
Data Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Medan, Sumatera Utara, menyebutkan jumlah masjid di Kota Medan saat ini tercatat sekitar 1.115 masjid dan lebih dari 800 mushala.
 
"Oleh karena itu kepada jajaran Pemkot Medan saya minta lakukan pendampingan dan edukasi kepada para BKM, sehingga program Masjid Mandiri ini berjalan efektif," ucap Aulia.
 
Ia mengatakan program Masjid Mandiri ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Kota Medan, terutama di sekitar masjid.
 
Sebab melalui program tersebut, masjid tidak hanya difungsikan sebagai tempat ibadah saja, melainkan juga sebagai pengembangan perekonomian umat.
 
"Kami mendukung masjid tidak hanya tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat perekonomian, salah satunya pendirian koperasi masjid," ungkap Aulia.
 
Pihaknya juga berpesan kepada para camat beserta seluruh jajarannya supaya bekerja dengan baik, dan harus jeli melihat kondisi masyarakat Kota Medan.
 
Dalam Safari Ramadhan ini, Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman menyerahkan bantuan Pemkot Medan di antaranya uang Rp50 juta untuk pembangunan Masjid Jami', bantuan sosial Rp10 juta dan paket Ramadhan.
 
Kemudian pemberian bantuan budi daya ikan beserta bibit cabai, satu set perlengkapan tenis meja, rak buku serta barcode e-book dan santunan 50 anak yatim piatu di Medan Perjuangan.
 
"Bekerja dengan baik, manfaatkan digitalisasi dan hilangkan ego sektoral. Dengan begitu kepercayaan masyarakat semakin meningkat kepada pemerintah," ungkapnya.
 
Ketua BKM Masjid Jami', Ansori mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution atas sejumlah bantuan yang diberikan kepada pihaknya.
 
"Kami pengurus BKM mengucapkan terima kasih kepada pak wali atas bantuan untuk masjid kami. Ini pertama kali masjid kami dipilih sebagai tempat pelaksanaan Safari Ramadan Pemkot Medan," ungkapnya.
 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024