Perum Jasa Tirta (PJT) I, BUMN pengelola sumber daya air, menanam 16.500 batang bibit pohon dalam rangka memperingati Hari Air Dunia pada 22 Maret 2024.

Dalam rilis, Sabtu (23/3), disebut, penanaman pohon dilakukan secara serentak di lima sungai di Indonesia kawasan wilayah kerja PJT I. 

Di Desa Tlekung Kota Batu Jawa Timur sebanyak 5.000 batang pohon, Waruturi Kabupaten Kediri Jawa Timur 4.000 batang pohon, Desa Kare Kabupaten Madiun Jawa Timur 5.000 batang pohon, Hulu Rawa Pening Kabupaten Semarang Jawa Tengah 1.000 batang pohon dan Desa Ambar Halim Kabupaten Toba Sumatera Utara 1.500 batang pohon. 

Penanaman di Desa Ambar Halim dihadiri u sur Direksi PTJ I, seperti Direktur Utama Fahmi Hidayat, Direktur Operasional Milfan Rantawi, Direktur Keuangan Pengelolaan Sumber Daya dan Manajemen Risiko Mukhamad Taufiq. 

Penanaman pohon dirangkai dengan kegiatan edukasi bagi anak usia dini dari Taman Kanak Kanak maupun Sekolah Dasar yang berlokasi di dekat wilayah penanaman. 

Direktur Utama PJT I, Fahmi Hidayat  menyampaikan, kegiatan dalam rangka peringatan Hari Air Sedunia sebagai wujud kolaborasi serta komitmen bersama untuk menjaga kelestarian sumber daya air. 

Diingatkan, menjaga air merupakan tugas bersama guna melestarikan air untuk ketahanan air di masa mendatang. 

Makanya penting menanamkan rasa peduli untuk melestarikan air kepada generasi muda dengan memberi edukasi melalui kegiatan yang menyenangkan, seperti bercerita, diikutkan penanaman pohon. 

Disebutkan, pohon yang ditanam adalah jenis pohon keras yang bernilai ekonomis, ada juga beberapa tanaman buah. 

Harapan, kegiatan penanaman ini mampu menjaga air dan hasilnya dapat dinikmati masyarakat. 

Dengan demikian, ke depan, masyarakat bersemangat menanam, karena dalam jangka panjang buah hasil panen dapat dinikmati. 

 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024