PT.North Sumatera Hydro Energy (NSHE), pengelola Perusahaan Listrik Tenaga Air (PLTA) Batangtoru menggelar safari Ramadhan yang dirangkai Peringatan Hari Air Sedunia Tahun 2024.

Kegiatan yang digelar PT NSHE di SMK Negeri 1 Marancar ini bertajuk "Peduli pada Anak Yatim, dan Edukasi Pentingnya Kelestarian Lingkungan", Jumat (22/3).

Manager sosial dan komunikasi PT NSHE, Arie Dedi mengatakan, pihaknya sengaja mengolaborasi kedua kegiatan yakni terkait Ramadhan dan Peringatan Haru Air Sedunia.

"Kolaborasi kegiatan ini merupakan bentuk komitmen kita (PLTA Barangtoru) pada keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat sekitar," sebutnya.

Kata Dedi, pihaknya tidak saja merayakan nilai-nilai kesucian bulan Ramadhan, tetapi sekaligus memberikan perhatian pada isu global yang semakin mendesak yaitu keberlangsungan sumber daya air.

Dimana, lanjut Dedi, pihaknya membantu anak-anak yatim di sekitar area proyek PLTA seraya memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan (air).

Menurut Dedi, kegiatan seperti ini tidak hanya membawa manfaat bagi masyarakat, tetapi juga menjadi contoh konkret dari kemitraan yang berkelanjutan antara perusahaan dan komunitas lokal.

"PLTA Batangtoru berharap bahwa acara ini dapat menjadi titik awal bagi kerjasama yang lebih erat dalam menjaga keberlangsungan lingkungan hidup dan kesejahteraan bersama," tandas Dedi.

Sebagaimana diketahui PLTA Batangtoru berkapasitas 510 Mega Watt (MW) bagian dari proyek strategis nasional yang memiliki komitmen memberikan kontribusi positif pada masyarakat sekitar dan lingkungan.

"PLTA Batangtoru, salah satu proyek pembangunan bidang ketenagalistrikan yang berbasiskan energi baru terbarukan yang menggunakan skema run-off-river sehingga tidak memerlukan daya tampung kolam yang besar seperti pembangkit listrik tenaga air lainnya," katanya.

Dengan memanfaatkan keunikan arus Sungai Batangtoru, PLTA Batangtoru berkomitmen untuk bisa hadir dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya sekaligus menjawab kebutuhan tenaga listrik Sumatera Utara ke depan.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024